Bidik Pasar Ibu-Ibu, Pelajari Perilaku Online Ibu-Ibu ‘Jaman Now’

Sekitar 60% dari seluruh masyarakat Indonesia telah terhubung dengan Internet dan hampir 8 dari 10 pengguna Internet indonesia (79%) menggunakan Internet tiap hari terutama melalui smartphone pada 2018.

Temuan lain adalah bahwa 1 dari 4 pengguna Internet Indonesia merupakan seorang ibu. Marketer yang ingin menyampaikan pesan kepada kelompok audiens ini perlu memastikan pesan mereka sesuai dengan cara para ibu Indonesia menjalankan peran mereka di masa sekarang.

Menurut Ariani Dwijayanti, Industry Analyst Google Indonesia, topik-topik yang berhubungan tentang edukasi paling banyak dicari saat musim-musim liburan. Seperti bulan Juli dan Desember. Pada masa tersebut, orang tua punya waktu luang lebih banyak.

“Ibu-ibu di indonesia, tidak hanya mencari konten-konten yang ada di website, saat ini trend yang sedang berkembang itu digital mom suka banget nonton youtube chanel yang berhubungan dengan parenting. Channel-channel youtube yang berhubungan dengan parenting seperti bagaimana cara mengajarkan anak berhitung atau suara binatang juga popoler di youtube. Watch time ini meningkat hampir lima kali lipat hanya dalam 1 tahun saja,” ungkap Ariani.

Ia juga menambahkan, dari segi penetrasi internet mereka yang berada di kalangan kaum urban seperti di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, memiliki penetrasi yang lebih tinggi.

Penelitian konsumen produk perawatan bayi ini menunjukkan bahwa:

  • Rumah tangga yang mengakses Internet lebih bernilai. Bagi brand produk perawatan bayi, rumah tangga yang menggunakan Internet 3,5x lebih bernilai daripada rumah tangga yang tidak.
  • Orang tua Indonesia melakukan riset online. Hampir 7 dari 10 (69%) pengguna Internet Indonesia melakukan riset produk perawatan bayi secara online. Dan untuk melakukannya, mereka menggunakan Google Penelusuran (poin kontak online pertama) dan situs brand (poin kontak kedua).
  • Orang Indonesia memanfaatkan video untuk belajar menjadi orang tua yang lebih baik. Video online menjadi sumber informasi yang semakin penting mengenai pengasuhan anak. Waktu tonton channel pengasuhan anak di YouTube bertambah hampir 5x (4,7x) secara year-on-year di Indonesia pada 2017.

Penelitian ini memberikan gambaran menarik tentang cara-cara konsumen mencari dan memilih produk saat ini. Rata-rata pengguna Internet Indonesia memerlukan waktu 1 minggu untuk melakukan riset produk, tetapi [sebagian besar] riset dilakukan dalam hitungan jam dan menit sebelum pembelian. Dengan memahami hal ini dan membagikan pesan yang relevan di momen-momen terakhir yang krusial tersebut, brand akan memiliki peluang untuk mengubah pikiran konsumen dan berhasil menjual produknya.

Para ibu menggunakan Internet untuk mencari segala macam informasi di semua tahap kehamilan dan pasca-kelahiran. Marketer cerdas harus menjangkau kelompok ini di media tempat mereka semakin banyak menghabiskan waktu dan mengambil keputusan membeli — yaitu di smartphone mereka.

“Dengan penemuan ini, kami lebih ingin melayani service brand-brand yang ada di kategori child care untuk bisa lebih relevan. Jadi kita memberikan banyak info seperti ini ke brand-brand yang melakukan advertising untuk mengetahui bagaimana caranya supaya mereka bisa beradaptasi dengan perilaku konsumen sekarang,” papar Ariani.

Related posts

Leave a Comment