Kembangkan Bisnis Bersama Instagram

Di Instagram, pelanggan Anda merupakan bagian dari 800 juta akun Instagram aktif setiap bulannya (sumber: data internal Instagram, September 2017). Dengan berbagai tipe bisnis yang Anda miliki, mari bergabung dengan 25 juta akun bisnis yang terhubung dengan pelanggan nya melalui Instagram (sumber: data internal Instagram, November 2017, berdasarkan data 28 hari terakhir).

Statistik

  • Lebih dari 200 juta akun mengunjungi satu Profil Bisnis setiap harinya (sumber: data internal Instagram, November 2017, berdasarkan akun aktif harian Instagram)
  • Dua diantara tiga kunjungan Profil Bisnis berasal dari non-followers (sumber: data internal Instagram, November 2017)
  • Satu diantara tiga bisnis memulai dari Instagram (sumber: Morning Consult Oktober 2017, berdasarkan akun bisnis Instagram di Amerika Serikat)
  • 45% bisnis di Instagram mengalami peningkatan penjualan (sumber: berdasarkan survey terhadap UKM di Amerika Serikat)

Baik mempelajari cara membuat konten, menggunakan Instagram Stories atau berkolaborasi dengan bisnis lain untuk menjangkau pelanggan, gunakan toolkit ini sebagai panduan Anda.

Tonjolkan bisnis Anda bersama Instagram

Mulai dari membuat sebuah stories hingga menentukan apa yang harus Anda post, perhatikan tips singkat dari seluruh dunia berikut untuk membuat konten bisnis. Pastikan Anda mengubah profil Anda menjadi Profil Bisnis untuk lebih memahami siapa yang melihat post Anda dan membantu menumbuhkan bisnis Anda.

Buat bisnis Anda menonjol dengan:

Perhatikan bagaimana sebuah toko sepatu asal Indonesia, Port Blue Shoes, menggunakan fitur bisnis untuk melihat bagaimana performa post mereka.

Perhatikan bagaimana Type Hype yang berbasis di Berlin menggunakan pencahayaan natural untuk menangkap foto produk mereka.

Pelajari bagaimana cara membuat variasi dalam feed Anda dengan beberapa tips dari perusahaan pemandu wisata dari Australia, While Away Guides.

Dapatkan tips tentang bagaimana Anda dapat membagikan Instagram Stories dari Dear Muesli yang berbasis di Paris.

Orang menyukai Stories dari bisnis

Lebih dari 300 juta akun telah menggunakan Instagram Stories setiap harinya. Serta lebih dari setengah bisnis di Instagram telah membuat stories setiap bulannya,  stories tersebut ditonton oleh komunitas – bahkan sepertiga stories yang paling banyak dilihat, berasal dari bisnis (sumber: data internal Instagram, Januari 2017).

Empat tips untuk membagikan Instagram Stories:

  1. Coba sesuatu yang baru: Beri cuplikan tentang produk baru, ajak para penonton untuk melihat belakang layar bisnis Anda atau bermain lah dengan fitur kreatif seperti face filters, alat gambar dan stiker polling untuk mendapatkan real-time feedback dari story
  2. Tampilkan kreatifitas: Bagikan kombinasi foto dan video untuk membuatstory Anda menjadi lebih hidup. Gunakan fitur yang terdapat dalam Stories, seperti Boomerang dan Hyperlapse, untuk  membuat konten yang lebihmenarik.
  3. Gunakan Waktu: Karena stories hanya bertahan selama 24 jam, manfaatkan stories untuk mempromosikan flash sale, memberikan sneak peek atau mengumumkan penawaran spesial dengan waktu terbatas.
  4. Serunya Suara: 60% stories dilihat dengan suara yang diaktifkan, jadi buatlah konten dengan memberikan suara seindah tampilan visualnya (sumber: data internal Instagram, Juli 2017)

Kolaborasi Bisnis

Ketika bisnis saling berkolaborasi dalam Instagram, mereka akan membagikan brand-nya kepada orang lain yang mungkin sebelumnya belum pernah mereka jangkau. Dengan 96% bisnis yang juga mengikuti bisnis lain, kolaborasi dengan bisnis lain pun akan semakin mungkin terwujud (sumber: data internal Instagram, November 2017). Lihat bagaimana ketiga perusahaan ini saling berkolaborasi dalam Instagram.

Berkolaborasi dalam Instagram Live

Lihat bagaimana bisnis yang berkembang di daerah New York, Eating Evolved dan I Heart Keenwah, menggunakan Instagram Live untuk mempromosikan produk dan keunggulan mereka diantara kombinasi audience kedua perusahaan.

“Saya menginginkan cara unik untuk terhubung dengan pelanggan kami, dan saya rasa tidak ada cara yang lebih baik untuk mewujudkannya selain dengan Instagram Live. Anda dapat terhubung dengan pelanggan Anda secara instan.” – Christine Cusano dan Rick Gusmano, Co-Founders of Eating Evolved.

Berkolaborasi dalam feed

Lihat bagaimana pemilik Salt Lake City, Nena & Co. dan Letterfolk, saling berkolaborasi untuk membuat sebuah foto yang dibagikan dalam feed mereka.

“Kolaborasi dengan bisnis lain dalam Instagram merupakan ide yang cemerlang. Brand Anda akan mendapatkan kredibilitas ketika Anda menghubungkan bisnis Anda dengan brand yang telah memiliki kredibilitas.Dan kolaborasi sangat menarik untuk saling bertukar ide.” –  Ali Hynek, Founder of Nena & Co.

Membuat konten untuk stories dan feed

Lihat bagaimana ketiga pemilik bisnis Dear Muesli yang berbasis di Paris ini memikirkan konten untuk stories dan feed mereka.

“Kami menggunakan stories untuk menceritakan kisah kami, seperti keseharian kami dan apa yang terjadi dalam lab kami. Untuk feed, kami fokus mengutamakan enam foto pertama kami, sehingga orang dapat mengetahui siapa kami hanya dengan sekali scroll. Keduanya akan memudahkan kami dalam membuat hubungan langsung dengan orang yang mengikuti kami.” – Dikom, Bakang, Sylvain, Co-Founders of Dear Muesli.

Related posts

Leave a Comment