Danone AQUA Promosikan B Corp Dukung Perubahan Demi Masa Depan Dunia yang Lebih Baik

Bisnis dipercaya dapat menjadi kekuatan untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan yang saat ini berkembang. Hal inilah yang mendorong organisasi non profit, B-Lab untuk membuat standar sertifikasi kinerja sosial dan lingkungan serta transparansi dan akuntabilitas yang diperuntukkan bagi pelaku bisnis, sehingga bisa menjadi agen perubahan untuk dunia yang lebih baik.

Menurut Marcello Palazzi, B Lab Global Ambassador, sertifikat B Corp menjadi standar bagi pelaku bisnis untuk memenuhi tata kelola yang baik dengan meningkatkan kinerja sosial dan lingkungan serta transparansi dan akuntabilitas. “Dengan sertifikasi B-Corp, pelaku bisnis di dunia akan bersaing memberikan yang terbaik untuk dunia yang dapat digunakan masyarakat untuk kepentingan dalam menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan,” ujar Marcello.

Ia juga menambahkan, untuk mendapatkan Sertifikasi B Corp, pelaku bisnis harus melewati proses audit oleh B Lab, dimana perusahaan diminta untuk memenuhi standard yang ditetapkan. Pada saat yang sama, B Lab juga memberikan dukungan kepada pelaku bisnis agar bisa melakukan perbaikan dalam tata kelola operasional sehingga bisa menjadi perusahaan yang bertanggung jawab dan mampu menjadi agen perubahan yang dapat membawa kebaikan bagi dunia untuk menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan.

Kekuatan B-Corp dalam membangun perubahan bagi dunia juga terlihat dalam tagline mereka “Business as a Force for Good” (“Bisnis sebagai kekuatan untuk kebaikan”). Sertifikat Global B-Corp menginspirasi para pelaku bisnis agar membangun bisnis dengan kepedulian dan bertanggung jawab sehingga memberikan dampak yang positif bagi manusia dan planet bumi.

Sebagai perusahaan sektor FMCG yang bertanggung jawab secara global, Danone juga telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang akan tersertifikasi B-Corp. Danone bermitra dengan B Lab untuk menguatkan kembali komitmen ganda Danone, bahwa kemajuan bisnis harus sejalan dengan kemajuan sosial dan lingkungan.

Survey yang dilakukan Danone memperlihatkan bahwa 60% konsumen mengatakan bahwa mereka akan lebih memilih membeli barang dan jasa dari entitas bisnis yang melakukan sesuatu untuk dunia. Sebanyak 51% konsumen juga mengatakan bahwa mereka ingin mengetahui apa saja aksi korporasi dari sebuah bisnis untuk kebaikan di balik brand mereka.

President Director Danone-AQUA, Corine Tap menuturkan, “Danone berusaha mendorong bisnis unitnya untuk mendapatkan sertifikasi BCorp, dimana Danone Dairy – Spanyol , Happy Family – Amerika, Les2Vaches – Perancis dan Danone Dairy – Inggris telah mendapatkannya. Di Indonesia, Danone-AQUA yang telah berusaha menerapkan standar tertinggi dari kinerja sosial dan lingkungan serta transparansi dan akuntabilitas sedang dalam proses sertifikasi B-Corp, dan diharapkan selesai di awal tahun 2018”.

Bagi Danone, meraih sertifikasi B Corp searah dengan visi misi “One Planet One Health” oleh Danone yang mengarahkan setiap pelaku bisnis di dalamnya berkontribusi terhadap “Alimentation Revolution” (“Revolusi Pangan”).

“Alimentation Revolution yang kami lakukan adalah mengajak konsumen, mitra ritel, petani, pemasok barang dan yayasan nirlaba, untuk bersama-sama membuat desain, memproduksi, memasarkan dan mengkonsumsi makanan dengan cara yang baru untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat serta mempertahankan kesinambungan bumi,” ungkap Corine Tap.

Related posts

Leave a Comment