Tingkatkan Penjualan Melalui Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Banyak keuntungan yang bisa dimiliki brand dengan adanya hubungan baik dengan pelanggan, karena dengan komunikasi yang terjaga maka akan berdampak kepada peningkatan terhadap penjualan serta loyalitas dari pelanggan Anda.

Terjalinnya hubungan yang baik tidak timbul begitu saja, perlu adanya langkah yang tepat agar hubungan terbangun dan tercipta engagement dengan para pembeli atau mungkin calon pembeli. Marketing Donut memberikan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan, mari simak langkah-langkahnya di bawah ini, E-hub Squad!

Mengetahui lebih lanjut pelanggan

Terciptanya hubungan yang baik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda, yaitu dengan mengidentifikasi hal yang mempengaruhi keputusan pembelian. Dapat juga dilihat dari catatan penjualan yang dibeli oleh pelanggan Anda, dengan begitu dapat memberikan wawasan berharga tentang kebiasaan membeli dari pelanggan Anda.

Survei juga menjadi alat ampuh yang bisa digunakan untuk mempelajari dan mengetahui lebih lanjut tentang pelanggan, jalankan survei pelanggan regular– dengan insentif untuk membalasnya. Anda bisa menggunakan alat online gratis seperti SurveyMonkey untuk membuat kuesioner pelanggan.

Berkomunikasi secara teratur dengan media sosial

Media sosial telah menjadi alat bisnis penting untuk tetap berhubungan dengan pelanggan. Menggunakan Facebook, Instagram, atau Twitter bisa menjadi media utama untuk mengingatkan pelanggan akan berita dan penawaran dari brand Anda. Selain itu, platform media sosial bisa menjadi cara mudah untuk memulai hubungan yang baik dengan pelanggan.

Hubungan yang baik dapat terjalin jika Anda memanfaatkan media sosial sebagai tempat memberikan saran ataupun juga keritik, serta bisa menjadikan media sosial sebagai pemberi solusi terhadap masalah dari brand Anda.

Layanan terbaik dorong loyalitas pelanggan

Berikan layanan pelanggan yang terbaik. Misalnya, dengan memberikan service yang terbaik seperti penyediaan tempat parkir, kursi ruang tunggu dan pelayanan lainnya, sehingga membuat pelanggan merasa nyaman.

Beri pelanggan kesempatan untuk memberikan umpan balik dan dengarkan apa yang mereka katakan. Hal ini dapat membuat perbedaan yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan juga mempermudah penanganan masalah.

Fokus pada pelanggan Anda yang paling penting

Menganalisis mana pelanggan yang paling menguntungkan, dengan mempertimbangkan biaya penjualan kepada mereka, seberapa sering mereka membeli/ menggunakan jasa brand Anda?

Identifikasi pelanggan lain yang penting bagi Anda — misalnya, karena mereka merekomendasikan brand Anda kepada pelanggan lain atau berpotensi melakukan pembelian ulang.

Carilah peluang untuk menjual lebih banyak

Carilah kesempatan untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian nilai lebih tinggi atau membeli produk atau layanan tambahan terkait jangkauan Anda.

Gunakan taktik penjualan dengan hati-hati. Misalnya, jangan terlalu sering memberikan penawaran khusus terhadap pembeli, bisa gunakan promo untuk momen tertentu.

Related posts

Leave a Comment