Capai Target Marketing Melalui Perencanaan Penjualan

Awal tahun memasang target penjualan adalah hal wajib yang harus dilakukan terhadap bisnis atau usaha yang sedang Anda rintis. Target penjualan akan tercapai dengan perencanaan penjualan yang tersusun dengan rapih untuk dilaksanakan.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat perencanaan penjualan agar dapat mencapai target yang Anda ingin capai. Dilansir dari Marketing Donut, ada beberpa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat perencanaan penjualan, mari simak uraian di bawah ini, E-hub Squad!

Libatkan tim marketing dalam perencanaan

Memaksakan rencana dan target tanpa konsultasi jarang berhasil, Anda harus membuat rencana dengan orang yang menjadi nahkoda dalam penjualan, yaitu tim pemasaran. Tim pemasaran dapat memberikan informasi pasar terkini dan menyarankan cara terbaik untuk mendekati pelanggan. Selain itu, dengan dibantu tim pemasaran tentu Anda semakin mudah untuk membuat perencanaan pemasaran.

Identifikasi pendorong utama penjualan

Menganalisis tingkat permintaan dari pelanggan akan memberikan kemudahan dalam membuat perencanaan penjualan. Selain itu, Faktor internal yang mencakup aktivitas pemasaran, perubahan harga, jumlah tim marketing, serta bagaimana Anda menjual juga menjadi hal yang harus di analisa.

Kembangkan beberapa hal kecil indikator kinerja utama yang akan membantu Anda mengelola tim pemasaran — misalnya, jumlah pertanyaan terkait produk yang mereka dapatkan, atau jumlah waktu yang dihabiskan untuk memanggil pelanggan.

Siapkan perkiraan rinci

Bangun perkiraan Anda dengan melihat setiap segmen pasar secara terpisah. Jika Anda memiliki sejumlah kecil pelanggan bernilai tinggi, pertimbangkan untuk meramalkan kemungkinan penjualan masing-masing secara individual. Perkirakan tingkat penjualan yang ingin Anda capai dan kemungkinan persentase menutupnya.

Anda harus mengidentifikasi pelanggan berdasarkan nama atau jumlah yang ingin Anda jual, selain itu tentukan jumlah penjualan yang Anda harapkan dari sejumlah panggilan, kunjungan atau kontak lainnya (tingkat konversi Anda).

Penting bagi Anda untuk menentukan tingkat aktivitas penjualan yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat penjualan yang diharapkan. Tetapkan bagaimana Anda akan mengalokasikan tenaga penjualan di berbagai segmen, dan berapa waktu yang akan dibagi antara pelanggan lama dan prospek pelanggan yang baru.

Pasang targetnya yang realistis

Bersikaplah realistis mengenai lead time yang dibutuhkan untuk menjual produk baru atau untuk memenangkan pelanggan baru. Oleh karena itu, Anda harus memastikan setiap target yang Anda tetapkan dapat diukur dan sesuai dengan waktu yang ditargetkan.

Anda harus mempertimbangkan skenario yang berbeda, daripada hanya mengasumsikan bahwa penjualan akan tumbuh dari tahun ke tahun dengan persentase yang telah diharapkan. Bedakan antara pertumbuhan pasar umum dan dampak penggunaan sumber daya penjualan tambahan atau jual lebih efektif.

Gunakan target Anda untuk memberi makan ke anggaran Anda untuk biaya penjualan pada saat bersamaan. Sertakan gaji, materi promosi dan peralatan di dalamnya.

Related posts

Leave a Comment