Cara Dapatkan Kepercayaan Lawan Bicara

Bukan apa yang Anda katakan, tapi bagaimana Anda mengatakannya. Seberapa sering Anda mendengar ungkapan itu? Ini mungkin terlalu akrab di telinga Anda, tapi ini sangat berguna karena memang benar.

Bagaimana Anda mengatakan sesuatu dapat terlihat dari intonasi penyampaian, kata-kata yang sama dapat menimbulkan kesan berbeda. Apapun kata-kata yang Anda gunakan di lingkungan bisnis Anda, bukan apa yang sebenarnya Anda katakan, namun cara Anda mengucapkannya yang akan membuat kesan pada orang lain.

Contohnya tidak mungkin Anda menyampaikan kabar gembira seperti gathering perusahaan dengan nada atau intonasi yang tidak gembira, tentunya Anda akan memberikan nada bahagia.  

Selanjutnya adalah bagaimana Anda dapat dipercaya dari apa yang Anda katakan? Ada beberapa poin yang harus Anda catat, simak caranya.

kata-kata pembicara, nada suara dan bahasa tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa kita lebih mudah percaya terhadap pendapat yang buruk karena dijelaskan dengan cara yang meyakinkan daripada pendapat yang didasarkan pada logika yang masuk akal namun disampaikan oleh seseorang yang tidak yakin atas pendapatnya.

Dalam teori Albert Mehrabian menyatakan bahwa tampak ketidak konsistenan antara kata-kata pembicara, nada suara dan bahasa tubuh. Dalam teori tersebut dijelaskan bahwa 7% artinya ada dalam kata-kata yang diucapkan; 38% artinya adalah paralinguistik (seperti kata kata); 55% artinya ada dalam ekspresi wajah.

Eksperimennya menunjukkan bahwa nada suara dan ekspresi wajah dapat memiliki pengaruh yang sangat besar pada lawan bicara  dan sejauh mana mereka mempercayai seorang yang berbicara. Oleh karena itu, Anda harus meyakinkan lawan bicara Anda kata-kata, nda suara dan Bahasa tubuh yang Anda sampaikan.

Pampilan yang menarik

Penampilan menjadi bagian terpenting untuk meyakinkan lawan bicara Anda, sebagian besar dari apa yang orang ambil dari presentasi juga berasal dari bahasa non verbal (bahasa tubuh), penampilan dan gaya berpakaian.

Jadi, penting sekali saat Anda mempromosikan suatu produk Anda dapat menunjukan penampilan yang sesuai dengan produk yang Anda promosikan. Dengan penampilan yang sesuai maka besar kemungkinan pesan Anda dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara Anda.

Kesan pertama memang tidak bisa dibohongi, orang akan menilai segala sesuatu dari covernya terlebih dahulu, sebelum melihat isi di dalamnya.

Related posts

Leave a Comment