Personal Branding Sebagai Resolusi Tahun Baru

Pernahkah Anda memasukan Personal Branding sebagai resolusi Tahun Baru? Bila ya, hal yang satu ini tentunya akan dapat membantu Anda dalam meraih cita-cita tersebut pada akhir tahun mendatang.

Pada dasarnya Anda sudah memiliki Personal Brand yang melekat pada diri Anda saat ini. Apakah Anda menyadarinya atau tidak, menggunakannya secara baik atau tidak, hal ini dapat Anda jadikan sebagai resolusi tahun mendatang.

Hal yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri saat ini adalah, apakah Anda sudah benar-benar meluangkan waktu atau bahkan melakukan investasi pada diri Anda? Adakah hasil yang dicapai dari usaha tersebut? Adakah keinginan tertentu yang ingin Anda capai atau bahkan mimpi yang belum Anda dapatkan lebih dari sebuah resolusi Tahun Baru? Personal Brand Anda akan dapat banyak membantu!

Sekarang pasti Anda akan bertanya bagaimana Personal Brand dapat membantu resolusi Tahun Baru yang Anda buat tersebut? Berikut adalah tips singkat bagaimana Anda dapat menggunakan Personal Brand sebagai bagian dari resolusi Tahun Baru yang disampaikan oleh Reza Setiawan selaku Praktisi Public Relations.

1.Gabungkan Personal Brand Anda dengan tujuan hidup Anda

Anda sudah tahu dan mungkin juga sudah memiliki daftar resolusi Tahun Baru tersebut, sekarang Anda tinggal membuat daftar atau poin-poin baik yang sudah melekat dan bahkan menjadi bagian diri Anda. Apakah Anda menemukan kesamaan yang berhubungan dari kedua daftar tersebut? Lakukan hal ini dan Anda akan menemukan Personality Traits atau ciri kepribadian yang dapat membantu Anda meraih tujuan hidup (Goal) Anda. Personal Brand adalah kumpulan dari ciri kepribadian yang Anda miliki saat ini, bagaimana Anda melihatnya dan bagaimana juga orang lain melihatnya.

Apakah Anda dapat dengan mudah mendapatkan ciri kepribadian Anda atau justru malah kesulitan mendapatkannya? Semakin Anda mudah mencocokan ciri kepribadian Anda dengan goal Anda, semakin mudah untuk Anda meraih cita-cita tersebut di tahun mendatang. Begitu juga sebaliknnya, bila Anda mengalami kesulitan dalam hal ini, mungkin ini juga yang menyebabkan kesulitan untuk meraih goal tersebut. Berusahalah jujur dalam menganalisa diri Anda.

2.Perhatikan dan jaga selalu Personal Brand Anda

Mungkin Anda sudah berhasil menciptakan Personal Brand yang kuat, dimana dalam hal ini Anda hanya perlu menjaganya untuk selalu tetap baik dan sesuai dengan perkembangan masa. Begitu juga sebaliknya, bila Anda belum memiliki Personal Brand yang kuat atau bahkan belum tercipta, kini saatnya untuk Anda memulainya agar Anda dapat meraih cita-cita yang telah dibahas di atas. Harus diingat bahwa cita-cita dan resolusi Tahun Baru adalah keiginan terdalam Anda yang sangat erat kaitannya dengan siapa Anda dan pengalaman hidup selama ini. Dalam kata lain, cita-cita tersebut sangat erat hubungannya dengan ciri kepribadian Anda.

3.Bangun reputasi baik Anda

Membangun reputasi adalah sebuah proses yang memerlukan waktu serta konsistensi. Hal ini tidak dapat diraih secara instan. Mungkin Anda sedikit bingung dan memang banyak orang kadang bingung dengan perbedaan antara membangun sebuah reputasi dan menjaganya. Banyak orang akan melakukan hal apapun demi meraih reputasi tersebut sedangkan mungkin ada juga orang yang hanya perlu melakukan apa yang sudah mereka lakukan dengan baik selama ini dan mereka hanya perlu menjaganya saja.

Untuk memudahkan, reputasi adalah hasil dari apa yang telah Anda lakukan selama ini bukan apa yang akan di raih. Sebuah transisi yang sangat berkaitan erat dari perjalanan untuk membangun hingga ke tahap menjaga reputasi tersebut. Reputasi merupakan core atau esensi dari Personal Brand Anda yang merupakan refleksi siapa diri Anda bagi orang lain dan tidak hanya untuk diri sendiri. Oleh sebab itu, Anda harus tahu terlebih dahulu bila reputasi tersebut sejalan atau bahkan menjadi penghalang bagi cita-cita Anda.

itulah langkah yang dapat Anda praktikan untuk membangun personal branding sebagai salah satu resolusi yang ingin Anda capai di tahun yang baru, selamat mempraktikan, E-hub Squad.

Related posts

Leave a Comment