Kolaborasi T-CASH dan JAKmikro Digitalisasi UMKM & Pasar Rakyat

Perkembangan digital memaksa Anda untuk belajar dan menggunakan produk-produk digital, salah satunya dalam sistem pembayaran yang perlahan meninggalkan pembayaran secara konvensional yaitu tidak menggunakan uang kertas atau logam kembali.

Melihat hal tersebut T-CASH dan JAKmikro (19/12/17) baru saja luncurkan program “Pasar Rakyat dan UMKM Go Digital”, berupa pembinaan dan pendampingan untuk meningkatkan literasi digital dan keuangan melalui program “mikro bina”, serta uji coba pembayaran dengan menggunakan Snap QR Code dari TCASH di pasar rakyat, guna mendukung digitalisasi perekonomian rakyat melalui UMKM. Program “mikro apps” juga disediakan sebagai Point of Sales atau mini book keeping yang akan terus dikembangkan di masa mendatang.

Program hasil kerjasama T-CASH dan JAKmikro dengan Kamar Dagang Industri (KADIN) Indonesia, KADIN DKI Jakarta, pemerintah provinsi DKI Jakarta, dan PD Pasar Jaya di uji coba pertama kali di Pasar Modern Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan target 50 pedagang pada saat soft launching yang sudah dilakukan pada hari ini. Sedangkan di tahun 2018 program ini memiliki target menjangkau 150 pasar yang ada di Jakarta.

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel mengatakan, “Program Pasar Rakyat dan UMKM Go Digital ini merupakan langkah awal untuk membangun ekosistem keuangan digital yang terintegrasi bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali, menggunakan layanan produk digital berkualitas yang mudah digunakan”.

Program yang telah direncanakan sejak dua tahun lalu, dilaksanakan untuk menghadirkan pengalaman bertransaksi di era digital yang mudah, cepat, nyaman, dan aman, baik bagi para pedagang UMKM maupun para pelanggannya.

Para pedagang nantinya akan dibekali pengetahuan tentang kemudahan dan keamanan serta pendampingan dan pembinaan secara berkesinambungan, bukan saja mengenai pelaksanaan dan manfaat transaksi digital bagi mereka, tetapi juga untuk meningkatkan literasi digital dan literasi keuangan untuk mengembangkan usaha UMKM.

Debbie Sianturi, Director PT Mikrobisnis Digital Sejahtera (JAKmikro) mengungkapkan, “Program Pasar Rakyat dan UMKM Go Digital ini menjadi langkah awal untuk mencapai tujuan yang juga sejalan dengan target inklusifitas keuangan pemerintah.”

Dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Bapak Rudiantara, Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan, serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Bapak Sandiaga Uno, mengungkapkan dukungannya untuk program Pasar Rakyat dan UMKM Go Digital yang akan mulai diterapkan di pasar-pasar rakyat di Jakarta

“Dengan program ini, kami berharap dapat secara konsisten mendukung peningkatan daya saing pedagang di beragam pasar modern di wilayah Jakarta, serta wilayah lainnya di masa mendatang. Kami percaya program ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan UMKM di seluruh Indonesia,” tutup Ririek.

Related posts

Leave a Comment