Harbolnas 2017 Capai Penjualan 4,7 Trilliun

Harbolnas 2017 telah sukses digelar pada tanggal 12 Desember 2017 dengan mencapai total transaksi hingga Rp 4,7 trilliun dengan kenaikan 1,4 triliun dibandingkan tahun 2016.

Mengangkat tema #BelanjaOnlineBersama Harbolnas 2017 mencatat kenaikan rata-rata penjualan hingga 4,2 kali untuk 254 e-Commerce yang berpartisipasi bila dibandingkan hari biasa.

“Di Harbolnas tahun ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang berpartisipasi baik sebagai konsumen maupun sebagai seller. Tidak ketinggalan berbagai pihak yang menjadi bagian dari ekosistem digital juga turut merasakan euphoria ajang belanja online nasional terbesar ini”, ungkap Achmad Alkatiri – Ketua Panitia HARBOLNAS 2017.

Berdasarkan data Nielsen yang disampaikan dalam Gala Dinner Harbolnas 2017, meningkatnya transaksi tahun ini lebih dikontribusi oleh transaksi di luar pulau Jawa yang meningkat 82%. Sekitar 68% konsumen di Harbolnas 2017 adalah orang yang biasa belanja online, dan mayoritas dari mereka mengatakan bahwa Harbolnas 2017 lebih baik dari tahun 2016. Ada 27% konsumen yang pertama kali belanja di acara Harbolnas, dan acara Harbolnas tahun ini cukup berhasil menarik konsumen yang pertama kali belanja online yakni sekitar 5%.

Mengingat Harbolnas 2017 jatuh di hari kerja, maka aktivitas belanja juga sedikit bergeser ke jam 09.00 – 12.00, 15.00 – 21.00. Selain itu, kebanyak dari mereka berbelanja menggunakan perangkat mobile (smartphone dan tablet) yakni sekitar 77%, dan para konsumen mulai meninggalkan browser dalam berbelanja.

Harbolnas 2017 memberikan dampak yang positif bagi para pelaku UMKM, hal ini juga diungkapkan oleh Johanes Lie pemilik toko Tomindo Toys yang berjualan di berbagai platform e-commerce.

“Harbolnas menjadi kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan penjualan kami. Saya sendiri merasakan kenaikan order sangat tinggi di berbagai platform jualan online saya. Bahkan melalui salah satu marketplace saya mendapatkan 3.000 order hanya pada 1 hari saja”

Kesuksesan Harbolnas 2017 tidak lepas dari peran panitia dan para partners yang telah sukses mengadakan sejumlah kegiatan yaitu: press conference Harbolnas 2017, penyebaran informasi melalui Harbolnas.Com, roadshow Harbolnas di Surabaya, Makassar dan Medan untuk memberi pembekalan dan mengedukasi para UMKM dalam mempersiapkan diri mereka menyambut Harbolnas 2017, juga menghadirkan media center pada saat 12.12 Harbolnas 2017.

Related posts

Leave a Comment