Profile LinkedIn Menarik: Tambah Peluang Kolaborasi

LinkedIn merupakan platform media sosial business-to-business yang ditujukan untuk para profesional. Pengguna media sosial ini sudah mencapai lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia (dan 8juta + di Idonesia).

LinkedIn umum digunakan sebagai CV online yang dapat membantu Anda dalam menemukan pekerjaan. Namun lebih dari itu, LinkedIn adalah dokumen hidup, yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan koneksi dan bisnis Anda tentunya.

Profil menjadi salah satu yang paling penting di dalam LinkedIn, profil yang bagus mendukung kredibilitas Anda. Namun, butuh waktu untuk membuat profil yang bagus, tidak hanya “cut-and-paste” dari CV pribadi yang Anda miliki, perlu kerajinan di dalamnya.

Selanjutnya adalah bagaimana Anda dapat membuat profil LinkedIn yang menarik? Mari simak langkah di bawah ini, E-hub Squad!

1.Foto profil yang menarik

Foto profil menjadi first impression saat pertama kali orang membuka profile LinkedIn Anda. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa memasang foto yang menarik, namun usahakan untuk tidak memasang foto selfie. umumnya orang Indonesia menggunakan foto profile yang resmi seperti yang di taruh pada CV asli yaitu kepala sampai bahu saja.

2.Judul yang kuat

Memberikan judul yang yang kuat anda dapat mengisinya dengan mendeskripsikan untuk memberi tahu orang apa yang sedang Anda kerjakan saat ini, dan service apa yang bisa diberikan kepada mereka yang mencari profile Anda. Gunakan dan manfaatkan 120 karakter untuk membuat Anda menonjol dan mudah untuk ditemukan.

3.History karir Anda

LinkedIn sebagai CV online, di dalamnya tentu terdapat ringkasan terkait perjalanan karir Anda, ini merupakan tempat terbaik untuk menyoroti pencapaian Anda, manfaatkan 200-300 kata dalam paragraf. Buat ringkasan sesuai dengan target audiens yang ingin dicapai, serta mudahkan orang juga untuk dapat menghubungi Anda lebih lanjut.

Agar mudah dan dapat ditemukan, Anda perlu menggunakan kata kunci di seluruh profil Anda–yang berarti menambahkan penjelasan pada peran pekerjaan Anda di bagian pengalaman atau history Anda. Gunakan format standar dua baris untuk setiap peran di pengalaman Anda,  baris pertama menjelaskan peran dan tanggung jawab Anda, yang kedua menjelaskan secara singkat organisasi Anda.

4.Perkuat melalui keterampilan dan rekomendasi

Anda dapat menaruh kemampuan yang Anda miliki untuk melengkapi profile LinkedIn Anda. Akan bertambah baik jika dilengkapi dengan rekomendasi sehingga jauh lebih kuat dan menambah cerita profesional Anda. Berbicaralah kepada klien, kolega, rekan kerja dan mitra dan carilah beberapa rekomendasi berkualitas tinggi untuk profil Anda.

5.Informasi tambahan

Manfaatkan informasi tambahan  dari pengalaman Anda sebagi volunteer atau organisasi yang sudah Anda ikuti, penghargaan, atau project apa yang sudah Anda selesaikan. Bagian ini memberikan cara yang bagus untuk menyoroti area kerja tertentu dan untuk menunjukkan orang yang akan Anda ajak berkolaborasi.

Related posts

Leave a Comment