Cara Menjangkau Konsumen di Akhir Tahun ala Facebook

Mungkin masih terlalu dini untuk menyusun daftar resolusi Tahun Baru, namun ada sebuah komitmen yang harus dilakukan oleh semua bisnis. Pemasar perlu berpikir seperti konsumen mereka dan mulai merencanakan keseruan belanja akhir tahun sebelum terlambat.

Rata-rata, orang Indonesia melakukan pembelian online 48% lebih banyak melalui Facebook di kuartal IV dibandingkan dengan kuartal lainnya selama satu tahun. Oleh karena itu, meraih perhatian dan mendorong orang untuk melakukan tindakan pembelian merupakan hal yang sangat penting.

Berikut ini adalah lima poin penting tentang bagaimana tahun lalu orang berbelanja menjelang akhir tahun untuk membantu bisnis Anda menjangkau pemirsa dengan lebih baik lagi

Mobile merupakan keranjang belanja akhir tahun

Kini, mobile telah menjadi layar utama baru di Indonesia. Untuk urusan berbelanja, mobile pun menjadi perangkat pilihan konsumen. Dari Oktober sampai Desember tahun lalu, 3 dari 4 pembelian online melalui Facebook terjadi di mobile, dan pembeli usia muda berada di bagian teratas dalam tabel ini: 74% pembelian online dilakukan oleh milenial.

Yang pertama melakukan bisa mempunyai kesempatan paling besar untuk sukses

Konsumen berbelanja lebih awal. Pada awal bulan Oktober, pembelian online melalui Facebook di Indonesia, 18% lebih tinggi dibandingkan rata-rata selama satu tahun. Bisnis yang membangun brand mereka menjelang puncak belanja sering menjadi yang teratas. Lazada, Blibli.com dan Tesco Lotus Thailand termasuk beberapa brand yang telah menikmati hasil konversi melalui kampanye brand yang luar biasa.

Bergabunglah dalam percakapan 

Pengalaman berbelanja sering melibatkan obrolan dengan teman, berbagi informasi tentang produk paling keren atau bahkan berkomunikasi dengan bisnis. Tahun lalu di Facebook, orang Indonesia mulai posting lebih banyak tentang berbelanja pada awal minggu 23 Oktober. Postingan tentang berbelanja di Facebook mencapai masa puncaknya di minggu 27 November .

Serbuan akhir tahun 

Bisnis online perlu mempersiapkan diri mereka untuk kenaikan penjualan yang terjadi pada bulan November dan Desember melalui Facebookyang biasanya lebih tinggi dibanding rata-rata selama setahun. Pada tahun 2016, pembelian online melalui Facebook di Indonesia di bulan November lebih tinggi 39% dan di bulan Desember juga lebih tinggi 42% jika dibandingkan dengan rata-rata selama satu tahun. 12 Desember menjadi hari yang wajib diperhatikan, karena pembelian online pada tanggal tersebut 2x lebih banyak dibandingkan rata-rata selama satu tahun.

Jangan lupakan bulan Januari
Belanja online tidak berhenti di bulan Desember. Musim ini terus berlanjut hingga tahun baru, yang menghadirkan peluang besar bagi bisnis untuk menjual lebih banyak produk sebagai pelengkap apa yang dibeli orang, atau hadiah yang mereka terima. Pada bulan Januari, pembelian online melalui Facebook 42% lebih tinggi dibandingkan rata-rata pada tahun 2016.

Related posts

Leave a Comment