Ini Tip Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurs Pada Anak

Survei yang  telah dilakukan oleh Carousell  Indonesia pada bulan September lalu mengungkapkan bahwa orang tua Indonesia dapat menghabiskan hingga Rp1 juta setiap bulannya untuk membeli keperluan anak-anak, termasuk pakaian dan mainan. Apabila diakumulasikan dalam waktu lima tahun, mereka bisa mengeluarkan biaya hingga Rp60 juta, di mana angka ini setara dengan rata-rata biaya pendidikan sekolah dasar.

Temuan yang menarik lainnya adalah 70% orang tua Indonesia berpikir bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebesar hingga Rp3 juta dengan menjual barang anak yang tidak lagi terpakai. 

Melihat hal tersebut, Carousell Indonesia mengadakan Carousell Kidpreneurs dengan mengajak 10 pasang orang tua dan anak-anak untuk membuka booth preloved dan menjual barang-barang seperti mainan, buku cerita dan pakaian.

Dalam kesempatan yang sama, Carousell juga mengundang psikolog ternama Rosdiana Setyaningrum untuk berbagi pandangan mengenai cara menumbuhkan jiwa entrepreneurship sejak dini. Beberapa tips dari Rosdiana untuk menanamkan jiwa entrepreneurship pada anak:

Ajarkan bahwa semua barang memiliki harga

Terkadang anak sulit menghargai apa yang mereka miliki hanya karena tidak mengerti nilai dari barang tersebut atau asal uang yang digunakan untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan. Namun ketika si kecil belajar bahwa ada harga dari semua barang yang mereka miliki, mereka akan lebih menghargai semua hal.

Ajarkan bahwa anak perlu berusaha dalam mendapatkan yang mereka inginkan

Beri kesadaran bahwa orang tua harus bekerja keras untuk mencukupi setiap kebutuhan mereka. Oleh karena itu, didik si kecil untuk memahami proses mendapatkan uang dengan cara melakukan pekerjaan kecil dan belajar menabung.

Berikan pemahaman akan kebutuhan

Ajarkan anak untuk memahami arti prioritas dan kegunaan sebuah barang. Hal ini akan mempermudah si kecil untuk memahami kata “tidak” ketika Anda mengatakannya.

Ajak untuk berbagi

Ketika selama ini si kecil selalu berada dalam posisi menerima, terkadang mereka lupa bahwa ada orang lain yang lebih membutuhkan. Berikan kesempatan agar anak dapat belajar berbagi dengan mereka yang kurang beruntung.

Ajak untuk Menjual

Hal lain yang perlu dicoba adalah mendorong mereka untuk menjual barang-barang yang tidak lagi terpakai. Ini bisa menjadi latihan yang baik bagi si kecil untuk memahami nilai barang, uang, dan usaha. Mereka juga dapat belajar untuk merawat barang agar tetap berharga bagi orang lain. 

Itulah tip untuk mengajarkan Anak menjadi seorang  entrepreneurs, E-hub Squad. Bisa dipraktikan di rumah bersama dengan sang anak tentunya. 

Related posts

Leave a Comment