FEMA IPB & Danone Indonesia: Gerakan Isi Piring Anak Sehat

Memilliki anak sehat dan cerdas merupakan dambaan semua orangtua. Pertumbuhan anak yang sesuai dengan tumbuh kembangnya disertai kecerdasaan kognitif juga tergantung dari asupan makanan anak. Berdasarkan data Rikesdas 2013, saat ini masih banyak anak Indonesia yang mengalami kekurangan gizi kronis, yang ditandai dengan tingginya prevalensi stunting (tumbuh pendek) pada anak usia 1-5 tahun sebesar 37%, di ikuti dengan  prevalensi obesitas semakin meningkat dari waktu ke waktu. Kondisi ini sejalan dengan  Data Global Nutrition Report 2016, Indonesia termasuk di dalam 5 besar negara dengan masalah kekurangan gizi kronis dengan tingkat 36,4%.

“Sebagai pihak akademis, kami melihat perlu dilakukan intervensi terkait dengan peningkatan gizi bagi anak. Untuk itu kerjasama  kami dengan Danone Indonesia dalam mengembangkan edukasi pedoman makan dan minum sekali saji untuk anak usia 4-6 tahun. merupakan langkah nyata dukungan IPB terhadap kampanye “Isi Piringku” yang dicanangkan pemerintah. Sehingga kami berharap buku pedoman  ini dapat meningkatkan kesadaran masyakat khususnya para ibu guna keberlangsungan mendukung kesehatan anak jangka panjang.” kata Dr. Arif Satria, Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB).

Mengingat asupan anak yang sehat berawal dari isi piring makannya. Asupan makanan bergizi bagi anak dalam isi piring makan anak adalah sebaiknya kombinasi 50 % buah dan sayur, serta 50 % karbohidrat dan protein; dengan pembagian sepertiga lauk dan dua pertiga karbohidrat. Maka buku Pedoman Makan & Minum Sekali Saji untuk anak usia 4-6 tahun dapat membantu para orangtua terutama para ibu dalam mempersiapkan makanan sehari-hari bagi anaknya.

“Buku panduan yang kami buat bersama bersama FEMA IPB adalah bentuk dukungan nyata terhadap kampanye “Isi Piringku” yang digagas pemerintah.  Kami berharap melalui buku pedoman panduan makan dan minum saji untuk isi piring anak sehat,dapat mendorong ibu untuk lebih mengerti bagaimana pemenuhan asupan gizi yang diperlukan bagi anaknya.” kata Vera Galuh Sugijanto,  Vice President General Secretary – Danone Indonesia

Related posts

Leave a Comment