Facebook Bantu UKM di Indonesia untuk Tingkatkan Penjualan

Facebook menjadi salah satu platform yang dimanfaatkan UKM untuk melakukan promosi secara gratis terhadap produk yang mereka jual. Riset terbaru menyebutkan bahwa 80% dari UKM yang ada di Facebook di Indonesia mengatakan bahwa mereka berhasil meningkatkan penjualan berkat keberadaannya di platform ini.

Di tengah rencana penyelenggaraan APEC, Facebook merilis temuan baru mengenai bagaimana UKM di Indonesia tumbuh dan berkembang di platform ini, serta berkomitmen untuk memperpanjang penyelenggaraan program SheMeansBusiness di Indonesia sepanjang tahun 2018.

Sejak tahun 2011, Facebook telah berinvestasi lebih dari $1 miliar untuk tim, teknologi dan perangkat, dukungan serta riset yang bisa membantu individu maupun UKM pada umumnya. Ini termasuk program seperti Boost Your Business dan SheMeansBusiness, yang telah melatih lebih dari 15,000 UKM di Indonesia dan ratusan ribu lebih UKM di seluruh dunia. Lebih dari 1 juta UKM di penjuru dunia telah mendapatkan manfaat dari pusat pembelajaran tanpa biaya Facebook, Blueprint. Selain itu, lebih dari 70 juta UKM juga telah menggunakan Facebook Page setiap bulannya.

Salah satu dari UKM yang mengikuti program  #SheMeansBusiness adalah Diah Cookies. Melalui program #SheMeansBusiness dan mitra kerjanya Pahlawan Ekonomi, ia pun mulai belajar bagaimana membuat kemasan produk atau ‘packaging’ yang lebih baik, bagaimana mendapatkan ijin usaha yang benar serta bagaimana memanfaatkan pemasaran digital. Keahlian terakhir yang dipelajarinya mampu mengembangkan bisnisnya hingga menjangkau orang diluar lingkup teman dan kerabatnya.

“Di Facebook, kami mementingkan UKM. Mereka bukan hanya bagian penting dari mesin perekonomian; tapi mereka juga merupakan jantung dan ruh dari komunitas kami. Tekad mereka, kreatifitas dan juga semangatnya telah menjadikan mereka sukses – mengatasi berbagai kesulitan yang mereka alami agar bisa menghasilkan produk dan layanan baru, menemukan pelanggan baru, mempekerjakan orang dan bahkan bersaing di tingkat global,” tutup Clair Deevy, Head of Community Affairs, Facebook APAC.

Related posts

Leave a Comment