Konsumen Indonesia Inginkan Aplikasi Selular yang Menarik dan Positif

Kehidupan berubah dengan pesatnya era digital saat ini, kebiasaan manusia baik dari segi berkomunikasi, pencarian informasi, transaksi, belanja, transportasi, pemesanan makanan dan masih banyak perubahan lainnya. Adanya smartphone dan jaringan yang tersambung dengan internet, membuat dunia berada dalam genggaman. Membeli produk atau apapun dilakukan secara online dengan menggunakan smartphone. Data menunjukan Lebih dari 95 persen konsumen di Indonesia mencari, menemukan dan membeli barang melalui aplikasi selular.

Criteo (NASDAQ: CRTO), sebuah perusahaan teknologi permasaran, Criteo, hari ini meluncurkan temuan riset dari studi yang diselenggarakan oleh Retail Week Connect, berjudul “App Commerce Goes Big in Asia-Pacific.” Dari bulan Juni sampai Juli 2017, Retail Week Connect mensurvei 500 konsumen Indonesia untuk menganalisis sikap dan perilaku mereka terkait aplikasi selular untuk belanja ritel. Temuan penelitian ini menyoroti bahwa merek di Indonesia sekarang harus berinvestasi dalam pengoptimalan aplikasi selular dan strategi pemasaran yang ditargetkan untuk meningkatkan keterlibatan konsumen online dan meningkatkan penjualan.

Kebutuhan bagi merek-merek Indonesia untuk berinvestasi dalam mengoptimalkan strategi aplikasi selular sangatlah krusial, hal ini didorong oleh fakta bahwa lebih dari 96 persen responden di Indonesia mempunyai aplikasi belanja ritel di smartphone mereka. Lebih dari 95 persen telah menyelesaikan rangkaian pembelian— menemukan, mencari dan membeli barang – hanya melalui aplikasi seluler. Di Indonesia, kenyamanan penggunaan merupakan faktor utama untuk applikasi selular belanja ritel diunduh, dikunjungi dan digunakan kembali untuk berbelanja.

Lebih dari 31 persen responden Indonesia telah mengklik iklan produk yang muncul di dalam sebuah aplikasi sebelum membeli produk yang diiklankan. Hal ini menunjukan, bahwa merek lokal harus memanfaatkan pemasaran yang ditargetkan untuk melibatkan pembeli diluar konsumen setia mereka – pada aplikasi pihak ketiga seperti LINE, Facebook dan WhatsApp.

Faktor penting dan fitur yang memastikan aplikasi ritel dan belanja memenuhi harapan:

1.Kenyamanan: Lebih dari 40 persen responden di Indonesia menunjukkan bahwa kenyamanan merupakan faktor pendorong utama bagi mereka untuk mengunduh, dan mengunjungi kembali aplikasi. Hal ini diikuti oleh insentif dan promosi atau penawaran

2.Rentang serta ketersediaan produk: Sebesar 19.2 persen menyebutkan “rangkaian produk yang buruk” sebagai alasan paling umum untuk menghapus atau berhenti menggunakan suatu

3.Pilihan pembayaran yang fleksibel: Setengah dari responden Indonesia memilih hal ini sebagai salah satu dari tiga fitur paling diinginkan di dalam sebuah

4.Customer Service: Sebagian besar responden di Indonesia menyoroti bahwa dapat menghubungi perwakilan layanan konsumen melalui sebuah aplikasi sangatlah penting, lebih dari 90 persen mengindikasikan bahwa pilihan untuk dapat melakukan chat langsung dengan perwakilan layanan konsumen secara real-time dalam aplikasi akan sangat membantu bagi

Related posts

Leave a Comment