8 tip efektif produktivitas untuk bekerja dari rumah

Menurut “The 2017 State of Telecommuting in the US Employee Workforce”, jumlah karyawan yang bekerja dari rumah telah tumbuh sebesar 115% dari tahun 2005 sampai 2015. Laporan tersebut juga menemukan bahwa 40% lebih karyawan AS telah ditawarkan pilihan kerja yang fleksibel pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2010.

Saat bekerja dari rumah terdengar keren, mereka yang baru mengenalnya mungkin berjuang untuk menyesuaikan diri dengan fleksibilitas baru mereka. Hanya karena Anda bisa bekerja memakai piyama Anda tidak berarti itu adalah ide yang baik untuk dilakukan. Dan jika Anda tidak memperlakukannya seperti hari kerja lainnya, Anda akan merasa terganggu dan akan terus berusaha menyelesaikan pekerjaan Anda. Hindari  gangguan di rumah dengan tip sederhana namun ampuh ini untuk meningkatkan produktivitas Anda saat bekerja dari rumah, Ikuti tip ini, ya, E-hub Squad:

Temukan ritme Anda
Bergantung pada jenis atau sifat pekerjaan Anda, Anda mungkin tidak perlu berpegang pada jam kerja reguler. Ini membantu untuk menemukan ritme kerja Anda sehingga Anda dapat tetap produktif – sebagian dari kita bersemangat di pagi hari, sementara yang lain bekerja lebih baik di sore hari, atau bahkan di malam hari.
Bahkan jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk mengikuti jam kantor, mengetahui ritme kerja Anda akan membantu Anda mengelola jam kerja yang tidak produktif dengan lebih baik. Anda bisa menjadwalkan kerja manual untuk jam-jam tersebut, atau membuat secangkir besar kopi jika Anda memiliki tumpukan laporan untuk dibaca. Intinya, karena bisa mengantisipasi jam kerja berkinerja rendah dapat membantu Anda membalikkan keadaan.

Mandi, bercukur & berpakaian
Ya, Anda dapat memilih untuk tetap tidak bercukur dan bekerja memakai piyama Anda sepanjang hari. Tapi jika Anda menginginkannya menjadi hari yang produktif, lakukan dengan benar. Jalankan ritual pagi Anda dengan cara yang sama seperti jika Anda pergi ke kantor. Anda akan merasa segar dan energik setelah mandi, dengan baju bersih dan celana panjang yang segar

Mulailah hari dengan benar
Mengikuti dari poin sebelumya, Anda harus sarapan sehat untuk memulai hari dengan benar. Setelah sarapan pagi, beri waktu untuk bersantai dan berkumpul kembali sebelum mulai bekerja. Renungkan, lakukan yoga, atau habiskan satu jam merencanakan hari Anda. Apapun itu, inilah saatnya untuk masuk ke dalam kerangka pikir yang produktif.

Miliki ruang kerja yang layak
Jangan membuat kesalahan dengan berpikir Anda bisa melakukan pekerjaan Anda tergeletak di sofa karena sangat nyaman, dan Anda dapat melakukan itu. Namun Anda akan merasa sangat nyaman sehingga Anda akan mulai mengantuk dan tertidur. Jika Anda ingin tetap produktif, siapkan ruang kerja yang sesuai untuk pekerjaan. Dengan cara ini, otak Anda tahu bahwa ini sudah waktunya bekerja ketika Anda duduk di kursi Anda.

Investasikan kursi yang bagus
Dengan situasi yang sama, memiliki kursi yang layak adalah sama pentingnya jika Anda ingin menghabiskan waktu berjam-jam duduk di atasnya. Dapatkan kursi kantor yang tepat untuk menjaga postur tubuh Anda tegak sambil memberikan sandaran pinggang yang memadai. Punggung Anda akan berterima kasih untuk itu.

Letakkan sebotol air di mejamu
Ini mungkin terdengar jelas, tapi mengejutkan bahwa beberapa orang lupa minum air saat mereka begitu asyik dengan pekerjaan mereka. Memiliki sebotol air di meja Anda memberikan pengingat visual terus menerus agar Anda minum, dan menghemat banyak perjalanan ke dapur untuk mengisi gelas Anda. Tetap terhidrasi membantu pikiran tetap segar dan waspada.

Pilih lagu yang tepat
Mencocokkan musik yang tepat dengan ritme kerja Anda membuat perbedaan besar pada produktivitas Anda. Jika Anda mendengarkan musik yang lembut selama jam kerja Anda yang kurang produktif, coba tebak? Kemungkinan besar akan lebih menurunkan produktivitas Anda. Jadi, pilihlah lagu yang tepat untuk meningkatkan mood dan energi Anda.

Istirahat teratur
Terkadang kita begitu terperangkap dalam apa yang kita lakukan sehingga akhirnya kita duduk di tempat yang sama selama berjam-jam, mengetik di laptop kita. Tidak hanya menguras mata kita, tapi juga sangat melelahkan bagi punggung. Begitulah cara kita mendapati sakit punggung dan postur tubuh yang buruk. Idealnya, Anda ingin beristirahat setiap setengah jam. Melangkahlah, regangkan diri Anda dan berjalan-jalan sebentar. Anda akan merasa jauh lebih segar setelah istirahat sejenak.

Cobalah tip sederhana ini jika Anda belum melakukannya, dan beri tahu kami bagaimana kelanjutannya. Sampai saat itu, selamat bekerja dirumah!

Related posts

Leave a Comment