Danone Aqua Dukung Divers Untuk Mencari Solusi Sampah di Lautan

Sampah di lautan telah menjadi kekhawatiran masyarakat global.  Menurut laporan “The New Plastic Economy” yang dikeluarkan oleh Ellen MacArthur Foundation memperkirakan bahwa pada tahun 2050 jumlah sampah di lautan akan melebihi total populasi ikan.  Mencegah kondisi tersebut, Pemerintah Indonesia bertekad mengurangi sampah di lautan Indonesia sebanyak 70% pada tahun 2025. Danone AQUA turut ambil bagian dengan melakukan berbagai inisiatif pengelolaan sampah dan mendorong partisipasi para pihak, termasuk komunitas anak muda.  Salah satunya melalui dukungan yang diberikan dalam Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 24-29 Oktober 2017.

IYMDS 2017 merupakah pertemuan pemimpin muda Indonesia yang diadakan oleh komunitas Divers Clean Action (DCA). Sebanyak 65 anak muda dari penjuru nusantara berkumpul untuk membahas isu seputar permasalahan sampah di lautan dimana kegiatan semacam ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia. Para generasi muda tersebut bersama-sama mencari solusi permasalahan sampah di lautan melalui serangkaian workshop, field trip dan penyusunan rencana aksi.

Para peserta kemudian mempresentasikan rencana aksi mereka di depan para juri yang terdiri dari anggota DCA dan perwakilan sponsor kegiatan yaitu; Danone AQUA, KFC dan Bank HSBC yang juga di hadiri oleh Duta Besar Amerika, Mr. Joseph R. Donovan Jr dan Hamish Daud selaku artis sekaligus aktivis lingkungan.  Selanjutnya terpilih tiga pemenang dari 65 anak muda tersebut. Meskipun demikian seluruh peserta tetap mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan bantuan dana dengan sistem matching fund sesuai hasil penggalangan dana yang telah mereka lakukan. Dana tersebut akan digunakan untuk implementasi rencana aksi mereka selama satu tahun penuh. Selanjutnya monitoring terhadap aksi para peserta akan dilakukan secara rutin hingga capaian aksi tersebut dipresentasikan pada Our Ocean Conference di Bali, Oktober 2018 mendatang.

Dukungan Danone AQUA terhadap IYMDS 2017 juga tidak berhenti ketika para peserta pulang ke daerah mereka. Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menjelaskan bahwa dukungan Danone AQUA diberikan dalam bentuk pendampingan paska acara. “Para anak muda ini merupakan inovator dalam pengelolaan sampah di pulau-pulau kecil,” jelas Karyanto. “Kami bertekad mewujudkan ide mereka menjadi aksi nyata dengan memberikan pendampingan selama setahun ke depan” tambahnya. Danone AQUA akan memberikan pendampingan tentang project management, pengembangan konsep sosial bisnis dan teknis pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Lebih lanjut Karyanto mengatakan bahwa permasalahan sampah di laut Indonesia hanya bisa ditanggulangi jika seluruh pihak berkontribusi mencari solusi bersama. “Bagi Danone AQUA, dukungan ini juga merupakan salah satu upaya mencapai ambisi untuk mengumpulkan lebih banyak sampah kemasan plastik yang kami hasilkan pada tahun 2030. Karena target tersebut dapat tercapai jika melibatkan seluruh pihak, terutama generasi muda Indonesia,” tambah Karyanto.

Related posts

Leave a Comment