Langkah Jitu Menjual Fashion Preloved

Fashion merupakan produk yang paling banyak dimiliki oleh manusia, karena memang pakaian menjadi kebutuhan primer setiap manusia. Banyaknya produk fashion yang ada di rumah khususnya kamar menjadi tidak nyaman karena sesaknya lemari karena pakaian Permasalahan ini diselesaikan dengan menjualnya kembali dan menjadi produk preloved. Indonesia merupakan pendukung pasar preloved yang cukup besar ternyata, E-hub Squad.

Baca juga: Potensi Bisnis Barang Preloved

Hasil survey yang dihasilkan oleh carousell menunjukkan bahwa 8 dari 10 masyarakat Indonesia telah berkontribusi besar dalam membantu pertumbuhan penjualan produk fashion preloved. 85% orang Indonesia terbiasa menyimpan hingga 30 barang fashion yang tidak terpakai lagi setelah 15 kali pemakaian. Selain memilih untuk memberikannya kepada kenalan/kerabat, setengah dari masyarakat Indonesia memilih menjual fashion preloved tersebut secara online.

Pertanyaannya sekarang adalah, tertarikah Anda untuk menjadikan ini menjadi sebuah bisnis? Jika jawaban Anda “Ya”, maka sekarang mudah sekali untuk menjadikan fashion preloved menjadi sebuah bisnis. Namun, harus ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelum menjualnya. Apa saja langkah tersebut? Simak langkah di bawah ini, E-hub Squad!

Produk yang Layak

Pilih pakaian yang mungkin Anda sudah tidak kenakan lagi atau mungkin sudah sempit di tubuh Anda, tapi yang paling terpenting adalah jualah pakaian yang masih layak pakai dan baru Anda kenakan 1-3 kali pemakaian. Hal ini penting, karena pakaian yang sudah dipakai berkali-kali akan terlihat lebih kusam dibandingkan dengan yang jarang digunakan.

Foto yang menarik

Menjual fashion preloved di era digital saat ini, foto produk menjadi hal yang paling utama, jika foto produk terlihat kurang menarik maka orang jarang yang akan tertarik. Anda harus memfoto produk yang akan Anda jual dan usahakan agar foto terlihat menarik, dengan foto yang menarik dan terlihat bagus maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menjualnya kembali.

Promosi itu penting

Saat ini banyak platform yang dapat digunakan oleh Anda untuk menjual fashion preloved. Salah satu platform yang mumpuni saat ini adalah corousell. Namun, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial yang Anda miliki saat ini seperti facebook dan instagram. Promosikan dengan memaksimalkan jejaring yang ada saat ini.

Deskripsi Produk Secara Jujur

Selain foto yang menarik, Anda juga harus memberikan caption yang menarik dengan memberikan deskripsi terhadap fashion preloved yang Anda jual. Buatlah deskripsi yang menarik, dan yang terpenting adalah Anda harus jujur, jika barang fesyen seperti baju, usahakan memberi deskripsi berapa kali Anda menggunakannya.

Realitas Harga

Produk preloved dikenal dengan harga murah, jelas Anda harus menjualnya di bawah harga aslinya. Harga biasanya disesuaikan dengan berapa lama Anda menggunakannya. Misal Anda membeli baju berlabelkan merek Mango dengan harga asli 1 juta bisa anda jual dengan harga 700 ribu. Buatlah harga yang realistis, sehingga orang mau untuk membeli apa yang Anda jual.

Proses Negosiasi

Umum dilakukan terhadap barang preloved yaitu proses negosiasia yang umum kita kenal yaitu tawar-manawar, proses ini terkadang Akan memakan waktu yang panjang sampai terciptanya kata “deal”, maka disarankan untuk Anda sebagai penjual agar sabar melayani pembeli Anda, balaslah chat dengan ramah jika ada proses negosisasi ini.

E-hub Squad itulah langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjual fashion preloved yang Anda miliki, selamat mencoba.

Related posts

Leave a Comment