Pahami Pelanggan untuk Pelayanan Prima

Kunci memiliki pelayanan prima yaitu dengan memahami pelanggan, Anda tahu bagaimana memberikan pelayanan terbaik, sehingga memberikan kesan yang melekat di hati pelanggan. Memahami pelanggan saja tidak cukup untuk melampaui harapan mereka, Anda harus memberikan perawatan pelanggan yang hebat, sehingga Anda dapat mengantisipasi kebutuhan mereka dan melampaui harapan mereka.

Baca juga: Tanggapi Keluhan Pelanggan, Ini Strateginya

Untuk memahami pelanggan Anda dengan baik, Anda harus memperhatikan mereka kapan pun Anda berhubungan dengan mereka dengan begitu mereka akan merasa dianggap. Jangan heran jika nantinya Anda bisa mendapatkan Imbalan potensial  yang sangat bagus– Anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan menghasilkan bisnis baru melalui rekomendasi kata dari mulut ke mulut yang positif.

Dilansir dari marketingdonut.co.uk, ada tiga cara utama untuk memahami pelanggan Anda dengan lebih baik, Yang pertama adalah menempatkan diri Anda pada posisi mereka dan mencoba dan melihat bisnis Anda dari sudut pandang mereka. Cara kedua adalah mengumpulkan dan menganalisa data agar bisa menjelaskan perilaku pembelian mereka. Cara ketiga adalah dengan bertanya kepada mereka apa yang mereka pikirkan.

Selain yang di atas, Anda juga harus mengetahui ini ya, E-hub Squad:

Memperhatikan hal-hal kecil

Memahami pelanggan mengharuskan Anda untuk melihat dengan cermat titik-titik di mana pelanggan Anda memiliki kontak dengan bisnis Anda. Ini termasuk rapat dan kunjungan, telepon, korespondensi dan pengiriman. Apakah tempat Anda terlihat berantakan, apakah resepsionis Anda tidak ramah atau melakukan telepon berdering dan berdering tanpa dijawab? Semua hal ini bisa membuat pelanggan merasa kecewa.

Keluhan pelanggan yang paling umum adalah terus menunggu. Jika Anda lambat mengembalikan panggilan atau memenuhi pesanan, maka Anda berisiko kehilangan pelanggan. Yang terpenting, pelanggan menginginkan Anda menyampaikan apa yang telah Anda janjikan dan melampaui harapan mereka.

Sebagai usaha kecil, Anda bisa menawarkan layanan pribadi. Jika Anda mengingat nama pelanggan dan mengingat percakapan terakhir Anda dengan mereka, Anda akan memiliki cerah hari mereka. Mereka juga akan memberi tahu teman mereka apa layanan hebat yang Anda berikan. Memahami pelanggan dan meningkatkan layanan Anda harus menjadi prioritas di seluruh bisnis Anda. Semua orang dari meja depan ke staf pengiriman harus fokus pada harapan pelanggan.

Menggunakan data untuk memahami pelanggan Anda

Database atau customer relationship management system (CRM) Anda menyimpan informasi berharga tentang pelanggan Anda yang akan membantu Anda memahami kebutuhan mereka.

Selidiki data yang Anda pegang pada pelanggan Anda, ini bisa memberi tahu Anda banyak. Carilah pola sehingga Anda dapat melihat kapan pelanggan Anda biasanya melakukan pemesanan. Anda juga dapat menggunakan data untuk menganalisis kinerja Anda. Periksa seberapa cepat Anda menanggapi pesanan atau mengantarkan barang.

Sistem CRM lebih canggih daripada daftar mailing sederhana. Karena mereka memegang informasi tentang perilaku dan preferensi pelanggan, mereka dapat meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan. Mereka dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara lebih efektif, memungkinkan Anda melakukan penjualan dan penjualan silang, meningkatkan profitabilitas.

Tanyakan kepada pelanggan Anda apa yang mereka pikirkan

Lakukan survei kepuasan pelanggan dan Anda akan membuat pelanggan Anda merasa dihargai. Anda juga akan mendapatkan wawasan berharga. Tapi jangan meminta umpan balik jika Anda tidak siap melakukan perubahan. Saat Anda melakukan perbaikan, beritahu pelanggan Anda apa yang telah Anda lakukan sebagai hasil umpan balik mereka.

Survei pelanggan dapat memberi tahu Anda hal-hal yang mungkin tidak Anda ketahui, termasuk faktor manusia seperti perilaku staf. Tidak semua orang mengeluh saat mereka tidak puas. Sebagai gantinya, mereka memberi tahu teman mereka tentang pengalaman buruk mereka dan menjalankan bisnis mereka di tempat lain. Kecuali Anda secara proaktif berkonsultasi dengan pelanggan Anda, Anda mungkin tidak akan pernah tahu ke mana Anda akan salah.

Serta meminta umpan balik, siapkan program kontak pelanggan untuk memastikan Anda tetap berhubungan dengan klien Anda. Strategi kontak pelanggan yang baik akan memungkinkan Anda mendengarkan pelanggan Anda dan memberi tahu mereka lebih banyak tentang penawaran Anda.

Related posts

Leave a Comment