5 Hal “Do and Don’t” Saat Menekuni Pekerjaan Baru

E-hub Squad, Anda mungkin telah bekerja untuk beberapa perusahaan dan mengumpulkan pengalaman luas di industri tertentu, namun hari pertama (dan minggu pertama) di sebuah pekerjaan baru sering kali cenderung mengganggu. Sementara Anda melakukan yang terbaik untuk membuat kesan pertama yang baik dan meluluhkan suasana, bos baru dan anggota tim Anda secara diam-diam menilai Anda dan mencoba memutuskan apakah mereka menyukai Anda.

Pekerjaan dan lingkungan baru menuntut Anda untuk  bisa secara cepat beradaptasi, mengetahui budaya kantor yang akan mempermudah Anda dalam lingkungan tersebut. Jadi apa cara terbaik untuk mendapatkan teman kerja baru untuk menyambut Anda? Inilah 10 hal dari jobstreet.com yang mungkin bisa menjadi panduan untuk Anda, Yuk, simak, E-hub Squad.

5 Hal yang harus dilakukan: 

1.Tepat waktu
Disiplin menjadi hal yang utama dalam pekerjaan, teruntuk Anda yang baru masuk kantor pertama kali, first impression haruslah baik. Peraturan pertama adalah selalu datang tepat waktu setiap hari, setidaknya untuk 6 bulan pertama. Hal ini aturan paling dasar untuk menciptakan kesan positif pada diri Anda.

2. Tetap berpikiran terbuka

Jangan memiliki pikiran yang tertutup, dalam arti kamu menganggap pendapat Anda yang terbaik, peraturan kedua yang harus diterapkan yaitu selalu dan tetap berpikiran terbuka. Lihatlah hal-hal dari sudut pandang yang berbeda dan bersikap fleksibel.

3. Amati dan ajukan pertanyaan
Malu bertanya sesat dijalan, pepatah yang sering Anda dengar pasti. Ini adalah peraturan yang umum, jika Anda tidak tahu maka cobalah untuk bertanya. Jangan sampai Anda dianggap sok tahu, dan berdampak pekerjaan Anda salah. Cobalah untuk selalu inisiatif pada pekerjaan baru Anda, amati Atasan dan tim lainnya . Dengarkan, amati, dan jangan malu mengajukan pertanyaan jika tidak tahu.

4. Kenali anggota tim Anda
Awali dengan perkenalan, “tak kenal, maka tak sayang”, belajar untuk kenali setiap anggota tim Anda, cari atau temukan kesamaan pada tim Anda, hal ini dilakukan agar Anda mudah membangun keakraban dengan tim Anda.

5. Jadilah pengaruh positif

Aura positif memberikan dampak yang baik bagi sebuah tim. Ikuti contoh yang baik, jadilah pengaruh positif dalam tim. Dorong tim untuk fokus pada pemikiran dan tindakan yang konstruktif, bukan yang negatif.

5 Hal yang harus dihindari:

1. Jadi orang yang tahu segalanya
Hal yang harus dihindari adalah menjadi orang yang sok tahu. Jangan jadi orang yang merasa tahu segalanya, karena nggak segalanya Anda tahu. tidak ada yang suka dengan orang  yang sok tahu, apalagi posisi Anda adalah orang baru, santai saja dan lakukan sesuatu dengan tenang.

2. Lupakan mantan atasan Anda
Yang sudah lalu biarlah berlalu, tetap berlaku professional, jangan sampai anda membicarakan hal buruk mengenai atasan Anda sebelumnya, itu adalah hal yang tidak baik dan hanya akan menciptakan kesan negatif Anda di tempat kerja yang baru.

3. Ikut campur politik kantor
Fokus pada pekerjaan dan job desk Anda itu akan lebih baik, dan cobalah untuk menghindari politik kantor, fokus pada pekerjaan Anda dan hal-hal yang penting saja, sehingga proses karir Anda juga akan baik kedepannya.

4. Menjadi keset
Memang untuk menyesuaikan atau beradaptasi pada lingkungan baru membutuhkan waktu. Anda juga tidak ingin dijadikan keset pada lingkungan baru tersebut. Anda bisa bersikap ramah tanpa harus dilangkahi orang lain.

5. Terlalu menuntut
Jika Anda masih baru, jangan terlalu banyak menuntut terutama dari segi fasilitas. Jangan serakah, tunjukan dan buktikan nilai anda terlebih dahulu sebelum meminta imbalan, ingat pepatah “proses tak akan menghianati hasil”.

 

Related posts

Leave a Comment