Tips Jitu Melakukan Promosi dengan Budget Minim

Promosi merupakan elemen yang wajib dilakukan bagi seorang pebisnis terhadap brand yang dimiliki, melalui promosi yang terencana maka akan mudah membuat barang/jasa yang Anda miliki lebih mudah dikenal banyak orang. Dalam hal promosi tidak ada yang gratis ya E-hub Squad, Anda memang wajib menyiapkan budget khusus untuk melakukan aktivitas tersebut.

Kutipan terkenal dari pencipta Microsoft, Bill Gates berkata “If I was down to my last dollar, I’d spend it on public relations”, kutipan ini memiliki arti betapa pentignya sebuah promosi walaupun memang dalam kutipan tersebut lebih mengarah kepada seorang public relations, namun tujuan utama public relations adalah untuk menarik kesadaran, pertumbuhan dan akhirnya, kesuksesan sebuah bisnis—dapat diartikan promosi untuk menumbuhkan brand awareness.

Sebagai seorang pebisnis fesyen ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk melakukan promosi produk Anda, namun jika Anda tidak memiliki cukup budget yang mencukupi sebagai gantinya, fokuskan pada pemanfaatan sumber daya yang Anda miliki, kreativitas menjadi hal yang terbesar. Ikuti langkah promosi yang akan menghemat budget Anda, E-hub Squad!

Aktifkan media sosial

Menjadi hal yang wajib dimiliki setiap pebisnis memiliki akun media sosial, yang lazim digunakan adalah Facebook & Instagram untuk pebisnis fesyen. Media sosial menjadi hal yang lumrah digunakan karena Anda dapat melakukan promosi secara gratis. Dengan pesatnya perkembangan teknologi menjadi media sosial sebagai salah satu alat promosi yang paling ampuh saat ini.

Menggunakan Facebook & Instagram, Anda dapat memaksimalkan fitur Ads yang dimiliki ke dua media sosial ini. Biaya yang dikeluarkan juga relatif murah, harga disesuaikan dengan jumlah reach yang ingin Anda capai, setelah itu usahakan isi pesan yang dimuat dikemas semenarik mungkin agar dapat menarik konsumen untuk mengklik dan melihat timeline akun Anda.

Peruntungan E-Commerse

Promosi paling mudah dan gratis juga bisa dilakukan di e-commerse, begitu banyak platform jual beli yang dapat membantu Anda dalam memasarkan produk. Di Indonesia sendiri, Anda dapat memanfaatkan platform Tokopedia, BukaLapak, Lazada ataupun Blanja.com, namun masih banyak juga platform yang dapat Anda manfaatkan sebagai tempat promosi gratisan Anda.

Networking

Cara paling mudah dan gratis lainnya yaitu dengan memanfaatkan relasi yang dimiliki oleh Anda. Pasti Anda memiliki teman dan sanak saudara bukan? Nah, manfaatkan kekuatan media sosial yang dimiliki oleh teman dan sanak saudara Anda untuk mempromosikan produk yang Anda punya. Teruntuk produk fesyen Anda bisa meminta produk Anda digunakan oleh mereka, lalu dapat dipromosikan di akun pribadi mereka. Hal ini cukup ampuh untuk menaikan awareness teradap produk yang Anda jual.

Endorsement

Banyak influencer yang dapat meningkatkan brand Anda di media sosial, di Instagram sendiri lebih dikenal dengan selebgram (Selebritis Instagram).  Jika memang produk yang ditawarka adalah fesyen wanita maka Anda bisa memiliki target influencer wanita yang memang pas dan sesuai dengan market Anda. Ingat endorsement ini tidak gratis, ada harga yang harus Anda keluarkan. Harga dari influencer beragam dan tidak sama, karena dilihat dari jumlah followers yang dimiliki oleh mereka, oleh karena itu jika budget promosi Anda sedikit pilihlah influencer dengan rate harga yang sesuai dengan budget Anda. Untuk tips endorsement Anda dapat membaca Langkah Jitu dalam Endorsement

Itulah sedikit tip yang dapat dibagikan, selamat mencoba dan mengaplikasikan di dalam bisnis Anda, E-Hub Squad!

Related posts

Leave a Comment