Trik Mengelola dan Memaksimalkan Konten

Konten menjadi hal yang sangat vital dalam kegiatan digital marketing, dimana nantinya konten yang sudah siap akan disebar melalui media sosial yang Anda miliki.  Jay Baer  sebagai seorang digital marketing yang telah expert menganalogikan “Konten adalah api. Media sosial adalah bensin”, yang menjelaskan bahwa konten adalah substansi utama dalam kampanye pemasaran digital.

Baca juga: Dasar-dasar Digital Marketing Bagi Startup

Melalui Konten orang dapat menemukan sesuatu saat menelusuri di Google, memposting sesuatu di  media sosial,  menceritakan kisah mereka dan terhubung dengan pelanggan, dan melalui konten inilah yang akhirnya mendorong prospek dan penjualan terhadap suatu produk atau jasa.

Memiliki peranan yang sangat penting, maka perlu bagi Anda untuk membuat konten yang berisikan kunci pesan . Lalu bagaimana mengelola dan memaksimalkan konten di media sosial? Mari simak tip berikut ini.

Kenali Audiens

Membuat konten tentu harapan Anda adalah pesan yang disampaikan tepat sasaran sesuai dengan target pasar. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui siapa audiens Anda, baik umur, jenis kelamis, Status Ekonomi Sosial (SES) maupun demografinya. Tambahkan pengetahuan Anda juga tentang minat, kebutuhan, pola pikir, dan perilaku mereka untuk benar-benar membuat konten yang  benar mereka perlukan. Mengetahui hal ini dapat Anda lakukan dengan mengecek insight dari setiap akun media sosial yang ada, seperti Instagram bisnis yang sudah memiliki tools Insight untuk mengetahui siapa yang menjadi pengikut akun Anda.

Berikan Nilai

Usahakan Anda membuat konten yang memberikan nilai kepada audiens Anda. Nilai itu bisa berupa pendidikan, informasi,  peningkatan produktivitas, atau mungkin hiburan. Dengan mengemasnya secara menarik maka akan memberikan kesadaran jangka panjang akan brand yang Anda miliki. Hal ini memberikan keuntungan untuk brand Anda, tiba saatnya nanti mengambil keputusan terhadap dua pilihan, maka brand Anda yang pertama terlintas dalam pikiran.

Perluas Percakapan

Jangan memiliki kecenderungan untuk bersikap egosentris yang hanya membicarakan tentang brand Anda saja, seperti produk, layanan, fitur, manfaat, staf, budaya, keuangan, dan seterusnya. Pelanggan tidak mau mendengar tentang hal ini terlalu banyak. Mereka egosentris juga, dan ingin tahu apa lagi yang bisa dilakukan merek Anda untuk mereka.

Untuk memperluas percakapan dan menyoroti brand, Anda harus membuat pilar konten. Pilar konten memberikan filter dan platform kreatif yang berakar pada kebutuhan pelanggan, suara dan kepribadian brand, dan tujuan bisnis. Anda bisa mencobanya dengan memposting hari-hari yang memiliki moment untuk orag banyak, atau memberikan pengetahuan akan produk yang Anda jual. Misal Anda menjual produk obat kesehatan, Anda bisa membuat konten terkait manfaat dari bahan-bahan produk tersebut untuk kesehatan.

Perhatikan Visual

Visual menjadi hal yang sangat penting dalam konten, karena dengan visual lah orang akan tertarik untuk mau menyebarkannya di akun social media mereka. Orang berbagi hal-hal bukan hanya karena hal-hal itu terlihat bagus, tapi karena hal itu membuat mereka terlihat bagus. Jika konten Anda dipotong secara tidak tepat atau tampak buram dan memiliki gambar yang kurang menarik, mungkin tidak akan dibagikan oleh pengguna di saluran media sosial. Sadarilah bagaimana konten Anda akan ditampilkan di berbagai jaringan sosial dengan memahami berbagai dimensi setiap saluran, dan bagaimana audiens Anda paling senang melihat konten tersebut.

Jangan Abaikan Kekuatan SEO

Penggunaan SEO yang tepat akan membuat konten Anda naik, dan memudahkan orang untuk dapat melacaknya. Antara  “persimpangan sosial dan SEO” Kedua layanan ini tidak hanya berpotongan; mereka bergabung menjadi usaha bersama untuk meningkatkan findability di semua platform digital. Oleh karena itu, Anda harus menjalankannya secara bersamaan dan tidak bisa dipisahkan.

Ukur Keberhasilan

Sebelum Anda membuat satu bagian konten atau mengeposkan satu pesan di web ataupun media sosial, tentukan tujuan konten Anda dan metrik apa yang akan Anda gunakan untuk mengukur kinerja dari konten yang di posting. Mulailah dengan mengidentifikasi metrik penting dalam lima hal: kesadaran, konsumsi, keterlibatan, tindakan, dan dampak SEO. Sementara metrik spesifik di setiap keranjang akan bervariasi berdasarkan strategi, sasaran, dan sumber daya Anda.

E-hub Squad itulah tip agar performa konten Anda semakin baik lagi. Mempelajari siapa audiens Anda dan bagaimana Anda dapat memberikan nilai bagi mereka, mengidentifikasi saluran yang tepat, mengintegrasikan SEO, dan membuat rencana pengukuran yang baik, Anda dapat memastikan konten Anda memiliki cukup bahan bakar untuk mengobarkan di media sosial dan saluran pemasaran digital lainnya.

Related posts

Leave a Comment