Langkah Awal Bisnis Fesyen, Ikuti Tips Ini

Pesatnya industri fesyen di Indonesia membuat cukup banyak orang yang tertarik untuk membuka usaha dalam industri ini. Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan ada tiga produk ekonomi kreatif yang menyumbang pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yakni produk fesyen, kerajinan, dan kuliner. Bisnis fesyen diminati karena memang pakaian menjadi kebutuhan primer manusia. Dengan antusias masyarakat Indonesia untuk memulai bisnis ini, maka perlu adanya perencanaan yang matang, agar bisnis yang dibangun dapat suntainable ditengah persaingan dan competitor yang ada saat ini.

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum membuka bisnis fesyen, lalu apa saja yang harus E-hub Squad lakukan sebelum bisnis fesyen Anda launching? Mari, simak artikel ini, E-hub Squad!

Lakukan Riset Pasar

Bisnis fesyen memang sedang naik daun, namun bukan berarti mengabaikan untuk tidak melakukan riset pasar E-hub Squad. Lihat apa yang belum ada di industri fesyen saat ini, dengan begitu kita dapat masuk dan dapat mengembangkan kekosongan tersebut. Contohnya seperti Diajeng Lestari founder dari Hijup yang melihat tidak adanya e-commerce Islamic fashion di Indonesia pada saat itu, dan akhirnya mendirikan Hijup sebagai pusat dari baju-baju muslim yang ada di Indoensia.

Riset ini juga tidak bisa dilakukan sebentar saja E-hub Squad, dalam perbincangan  acara Ideatalks, di JCC Senayan (05/10/17), dengan tema Women Business Enable: Engage with Tech, Riana Bismarak founder belowcepek.com mengatakan, “Riset pasar sangatlah penting, saya mendirikan belowcepek.com memakan waktu riset sampai satu tahun untuk mengetahui sesuatu yang belum ada di industry fesyen pada saat itu”.

Mencari Keunikan

Pasar fesyen Sangat ramai, jadi untuk mencari perhatian, kitamemerlukan sesuatu yang benar-benar unik dari bisnis yang akan dirintis. Kita bisa mencoba dari sisi nama brand,  model, penggunaan warna yang diterapkan dalam baju atau mungkin dari segi pemasaran yang digunakan untuk produk yang akan dipasarkan.

Belowcepek.com yang dimiliki Riana sendiri memiliki keunikan terhadap barang yang dipasarkannya di website yaitu benar-benar under 100 ribu, karena memang sesuai dengan nama websitenya yaitu belowcepek.com. Keunikan yang dimiliki suatu brand akan lebih mudah diingat oleh customer, sehingga mudah pula untuk brand Anda menjadi top of mind dalam pikiran customer.

Tetapkan Pasar

Setelah riset telah dilakukan, tetapkan pasar bisnis dengan mengategorikan berdasarkan jenis kelamin serta range usianya karena memang  pasar fesyen sungguh luas, dan butuh modal cukup besar jika kita ingin merambah semua usia dan jenis kelamin.

Menetapkan pasar juga bisa dipilih berdasarkan minat dan networking yang dimiliki saat ini. Membangun bisnis memang harus tumbuh berdasarkan passion E-hub Squad, sekarang waktunya untuk Anda menanyakan pada diri sendiri kesukaan fesyen yang kita minati, dan networking yang bisa membantu dalam mengembangkan bisnis fesyen tersebut.

Ciptakan Business Plan

Menjalankan bisnis apapun penting bagi kita membuat business plan. Membuat business plan yang lebih terencana  dengan baik, dan memungkinkan bisnis fesyen akan sustainable walaupun banyaknya kompetitor yang ada saat ini. Idealnya para pebisnis menggunakan business model canvas untuk membuat perencanaan bisnis, Anda bisa baca artikel ini Model Kanvas dalam Bisnis Rintisan

Bisnis fesyen memang sungguh luas, namun Anda bisa mencoba langkah diatas untuk membangunnya  sekarang. Selamat mencoba E-hub Squad!

Related posts

Leave a Comment