Belowcepek.com Pasarkan Produk Lokal Asli Indonesia

Membuat sebuah bisnis memang tidak ada yang mudah, karena setiap bisnis memiliki kesulitan masing-masing. Salah satu pelaku usaha dalam bidang fesyen, Riana Bismarak berbagi pengalamannya dalam mendirikan sebuah platform fesyen yang telah didirikan sejak tahun 2011, yaitu belowcepek.com. Memiliki nama yang unik, produk dari belowcepek.com cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia khususnya para generasi millennials.

“Belowcepek.com didirikan karena melihat perekenomian Indonesia saat itu kurang baik untuk industri fesyen wanita, seperti tidak punya opsion untuk membeli baju-baju wanita, karena pada saat itu beli baju di mall mahal, akhirnya untuk fesyen mereka lebih memilih baju Korea, China dan Bangkok” ujar Riana.

Melihat permasalahan tersebut akhirnya Riana memberanikan diri untuk membuka belowcepek.com, dimana harga dari produk yang ada di belowcepek.com dijual dengan harga di bawah 100 ribu. Memiliki target pasar untuk range usia 15-35 tahun, belowcepek.com memiliki konsep yang menarik yaitu dengan menjual produk fesyen asli lokal dengan display foto menggunakan model orang Indonesia agar produk yang dipasarkan sesuai dengan karakteristik orang Indonesia.

Melalui misinya yaitu memajukan produk lokal, belowcepek.com memberdayakan UKM yang ada di Indonesia, dengan cara memasarkan produk para UKM di website belowcepek.com. “Kami memiliki 70 UKM yang kami berdayakan saat ini, ada di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Yogyakarta dan Bali”, ungkap Riana.

Semua produk yang ada di belowcepek.com berlabelkan nama sesuai dengan UKM, jadi bukan berlabelkan merk belowcepek.com, bisa diibaratkan bahwa belowcepek.com merupakan departemen store, dimana para UKM mempercayakan produknya ditaruh di belowcepek.com. Selanjutnya, untuk display dan proses pengiriman jika barang laku terjual akan diproses langsung oleh pihak belowcepek.com.

Saat ini, belowcepek.com sudah berusia 6 tahun dengan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia khususnya para UKM. Selain itu, cukup banyak juga yang menjadi reseller di belowcepek.com, Riana menuturkan, “cukup banyak yang menjadi reseller di belowcepek.com, sistemnya adalah dengan membeli barang di belowcepek.com dan nantinya akan dijual kembali di daerah mereka dengan harga yang sudah dinaikan”.

Perkembangan fesyen yang cukup baik di Indonesia, memunculkan banyak kompetitor baru dalam industri fesyen, namun hal ini tidak terlalu diambil pusing oleh Riana, karena Dia percaya bahwa produk yang dijualnya memiliki kualitas yang cukup baik dengan harga yang ramah di kantung masyarakat Indonesia. Mempertahankan kualitas dan harga menjadi kunci Riana dalam menjalankan bisnisnya sampai saat ini.

E-hub Squad, menarik sekali ya bisnis dari belowcepek.com ini. Seperti biasa, diakhir perbicangan Riana memberikan tips untuk E-hub Squad, “True to yourself, kamu mau buat apa si? Terus kenapa kamu buat bisnis itu? Do it! Jangan menunda sebuah ide. Mulai bisnis sesuai dengan apa yang kamu suka dan apa yang kamu mahir , dream big, start small but act now”.

Related posts

Leave a Comment