WovLea Bags: Tas Handcrafted Indonesia

Perkembangan industri fesyen di Indonesia sangat pesat, hal ini membuat peluang usaha dalam industri fesyen juga sangat besar. Salah satu bisnis yang sering diguluti oleh kaum hawa yaitu dalam berbisnis tas. Salah satu pengusaha tas yang ada di Indonesia yang sudah cukup dikenal  namanya yaitu Lisa Zen Purba berbagi pengalamannya dalam merintis usaha tas yang sudah dibangun sejak tahun 2015 sampai saat ini  dengan nama “WovLea Bags”.

Founder WovLea Bags yang akrab dipaggil Lisa, memulai bisnis tas karena kesukaannya dalam bidang fesyen. Dulu sebelum membuat brand WovLea Bags, Dia adalah seorang distributor tas handmade yang ada di Semarang, dan sebagai distributor Lisa cukup berhasil menjual produk tersebut karena mampu menembus pasar Internasional yaitu Abudabi dan Dubai.

Melihat pasar yang cukup baik, akhirnya Lisa memberanikan diri untuk membuat brandnya sendiri, dan di tahun 2015 brand  dengan nama Woven and Leather resmi berdiri. Namun karena permintaan dari pelanggan yang menyarankan namanya diubah agar lebih mudah diucapkan akhirnya Lisa merubah brand tasnya menjadi  WovLea Bags  yang memiliki arti perpaduan antara woven atau non leather dan leather.

Setiap brand tentu memiliki ciri khas begitupun WovLea Bags yang memiliki ciri khas yaitu handcrafted dengan tangan dan dibantu dengan mesin jahit. Produknya pun terdiri dari 20 persen leather dan 80 persen nonleather (batik, jerami, canvas).

Memanfaatkan Era Digital & Pameran

Walaupun WovLea Bags memiliki store yang berada  di Lotte Avenue Jakarta Selatan, namun di era digital saat ini dan ditengah menurunnya pasar ritel hal tersebut tidak cukup untuk memasarkan produk. Lisa menuturkan, WovLea Bags memanfaatkan berbagai e-commerse yang ada saat ini salah satunya adalah Zalora yang memiliki target pasar orang Indonesia dan luar negeri.

Pemasaran lain yang dilakukan oleh WovLea Bags yaitu dengan mengikuti berbagai pameran yang ada baik dalam negeri maupun luar negeri, salah satu pameran yang akan diikuti dalam waktu dekat yaitu Women International Club Bazaar. Lisa juga menuturkan WovLee Bags memiliki kerjasama dengan beberapa organisasi salah satunya yaitu Ikatan Sekretaris Indonesia.

Melalui kegiatan pemasaran yang dilakukan saat ini, Lisa percaya kedepannya WovLea Bags akan semakin berkembang lagi, ditambah dalam jangka dekat ini WovLea Bags akan meluncurkan Galeri untuk produk-produknya yang terbaru.

Menyasar Pasar Millennials

Target pasar dari WovLea Bags disaat awal kemunculannya memang lebih menyasar Gen X , namun melihat pasar saat ini,  ditambah di tahun 2020 Indonesia akan memasuki bonus demografi, WovLea Bags akhirnya memperbarui design dan warna untuk pasar millennials.

Harga produknya saat ini juga sudah di set untuk para millennials dengan range harga mulai dari 500 ribu sampai dengan 2 juta, sehinggan Anda sebagai millennials dapat memiliki produk ini.

Menarik sekali ya cerita dari WovLea Bags. Sebagai penutup, Lisa memiliki pesan untuk E-Hub Squad, “if we fail to plan then we plan to fail. Theres always X factor yang tidak bisa dikontrol, supaya tidak frustasi , kita harus punya set expectation dan acceptance yang balance”.

Related posts

Leave a Comment