Tanggapi Keluhan Pelanggan, Ini Strateginya

Ketika mendengar Kritik dari pelanggan Anda tidak bisa mengabaikan begitu saja. Meskipun tidak ada yang suka dikritik, keluhan pelanggan memberi kesempatan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah spesifik dalam bisnis Anda. Dapat diartikan bahwa keluhan adalah pemberian istimewa pelanggan kepada perusahaan, sehingga Anda harus menganggap diri Anda beruntung karena pelanggan siap memberikan waktu yang berharga untuk membantu memperbaiki perusahaan Anda.

Baca jugaMenangkan Hati Pelanggan: Ikuti Cara ini!

Perlu adanya sebuah strategi  yang tersusun dengan baik untuk menagani keluhan-keluhan dari pelanggan, lalu apa saja yang dapat Anda persiapkan? Yuk, simak, E-hub Squad!

Membuat Kebijakan Keluhan

Memiliki kebijakan keluhan yang jelas akan membantu Anda dan tim dalam menagani keluhan dan kritikan dari pelanggan. Melalui hal tersebut maka akan lebih terlihat fleksibel, ramah dan terbuka. Keluhan memang harus segera di tangani, sehingga Anda dapat cepat memperbaiki kekurangan dari perusahaan yang Anda miliki.

Pelatihan dalam penanganan pengaduan

Penting bagi Anda untuk melatih para staff perusahaan dalam keterampilan dan kepercayaan diri untuk menangani pelanggan yang memberikan kritikan atau pelanggan yang sulit. Bantu para staff Anda dengan memberikan pelatihan atau training dengan orang yang sudah expert dalam hal pelayanan prima kepada pelanggan.

Jadikan Prioritas

Penanganan keluhan yang bagus tidaklah mudah, Anda harus dapat menemukan model yang terbaik untuk dapat diaplikasikan di perusahaan Anda.  Harus ditanamkan kepada para Staf bahwa keluhan merupakan isu prioritas utama dalam perusahaan. Siapa pun yang berurusan dengan mereka maka harus memiliki wewenang yang cukup untuk menyelesaikannya sepenuhnya.

Pencatatan Semua Sumber

Biasanya keluhan menyoroti masalah dalam hal pelayanan  jika dalam bidang jasa, atau produk jika bergerak dalam penyedia barang. Saat ini yang umum digunakan oleh perusahaan dalam penanganan keluhan biasanya ada lima cara utama yaitu secara langsung, melalui email, online (termasuk media sosial), melalui telepon atau surat , jika perusahaan anda menggunakan ke lima cara tersebut  maka Anda harus dapat menangani semuanya dengan efisien agar pelanggan tidak kecewa.

Penting adanya pencatatan dan perekapan terhadap keluhan-keluhan yang masuk, sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan Anda dan juga informasi bagi tim, agar tim bisa siap dalam menanagani masalah.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda persiapkan dalam penanganan keluhan pelanggan E-hub Squad, bisa dicoba dalam bisnis yang sedang Anda kembangkan saat ini.

Related posts

Leave a Comment