Hindari Perang Harga

perang harga

Memulai bisnis baru? Ehub Squads mungkin tergoda untuk bersaing dari segi harga. Mungkin sekilas ini strategi yang baik. Tapi, menjadikan harga sebagai kunci utama daya saing Anda? Tidak disarankan. Demikian sebagaimana dilansir dari situs Marketing Donut. 

Bolehkah Memberikan Harga Murah?

Bersaing dengan fokus harga pada harga murah memang masuk akal bila Anda memiliki keunggulan biaya dari pesaing Anda. Artinya, bila Anda memiliki perjanjian yang bagus dengan pemasok dan berdampak pada pengadaan berbiaya murah dari mereka, Anda boleh bersaing dengan harga murah. Contohnya, jaringan toko ritel atau pasar swalayan sering melakukan ini karena mereka membeli barang dalam jumlah besar dari pemasok dan mendapatkan harga yang lebih murah.

Tapi, sebagian besar usaha kecil dan menengah tidak memiliki keunggulan biaya semacam itu. Jadi, bersaing dari segi harga hanya akan berdampak pada berkurangnya margin atau keuntungan. Pada usaha yang lebih besar pun kadang ini jadi persoalan. Mereka bersaing harga terus menerus tanpa kemampuan untuk menurunkan biaya. Akhirnya, keuntungan pun berkurang.

Pelanggan yang Pemilih

Bagaimana rasanya berurusan dengan pelanggan yang hanya peduli pada harga? Sebagian besar pengusaha mengalami kesulitan berhadapan dengan orang seperti ini. Mereka yang selalu menawar serendah mungkin juga cenderung paling tidak masuk akal. Tipe pelanggan ini tahu banyak tentang harga berbagai produk, tapi mereka tidak paham nilai dari suatu produk. Mengapa tidak membiarkan pesaing Anda saja yang melayani mereka?

Harga Perkenalan

Banyak orang yang baru merintis bisnis mencoba memberi harga murah pada semua orang karena mereka tidak memiliki kepercayaan diri bahwa mereka akan mendapatkan penghasilan dengan cara lain. Namun, ini biasanya sebuah kesalahan.

Ehub Squad bisa saja menang bersaing dengan harga murah namun berdampak pada besaran gaji yang menggelikan baik untuk Ehub Squad sendiri maupun karyawan yang dimiliki. Anda juga bisa memotong biaya di setiap celah yang mungkin. Pendekatan pertama membuat Anda miskin dengan segera.

Hal kedua yang membuat Anda miskin dalam waktu yang sedikit lebih lambat. Anda mungkin tenggelam dalam lautan tagihan yang belum dibayar atau berurusan dengan otoritas karena produk Anda tidak dibuat dengan standar yang benar. Akhirnya ini berpengaruh pada kualitas produk dan orang-orang tidak akan merekomendasikan perusahaan Anda.

Apa alternatifnya?

Ada banyak alternatif yang lebih baik daripada bersaing pada harga murah.

  1. Pertama adalah fokus pada kualitas produk. Bila Anda harus menjelaskan pada klien tentang mengapa harga Anda tidak semurah pesaing-pesaing Anda, sampaikan bahwa produk Anda memiliki nilai lebih tinggi karena mutunya jauh lebih baik.
  2. Tingkatkan kualitas layanan pelanggan Anda. Berikan pelayanan terbaik pada setiap klien yang tak bisa disaingi kompetitor Anda.

 

Siap memulai usaha Anda dan memberikan yang terbaik untuk para pelanggan?

Related posts

Leave a Comment