Trik Sukses Freelancer di 6 Bulan Pertama

trik sukses freelancer newbie

Bosan berkarir di perusahaan milik orang lain namun belum siap membangun usaha sendiri? Ehub Squads bisa memilih untuk menjadi freelance atau pekerja lepas. Bila Anda memiliki skill yang dibutuhkan banyak orang dan menurut Anda itu bisa menghasilkan uang, beranikan diri untuk memulainya.

Bagaimana pun, jangan memulai apapun tanpa persiapan. Anda butuh setidaknya enam bulan pertama yang penuh perjuangan untuk melakukan positioning, branding, dan infrastruktur jasa Anda. Oleh karena itu, siapkan tabungan untuk membiayai hidup Anda selama masa-masa awal Anda membangun reputasi di pasar jasa Anda.

Situs huffingtonpost.com melansir artikel yang menggambarkan tiga aturan sederhana dalam mengembangkan infrastruktur jasa Anda ini. Ehub Squads bisa melakukannya untuk memastikan perjalanan karir sebagai pekerja lepas mulus dan memberikan penghasilan yang baik.

Anda harus Meengeluarkan Uang untuk Menghasilkan Uang

Menjadi freelance sepertinya terdengar hebat – bagi banyak orang yang menulis, bekerja artistik, atau fotografi, Anda mungkin sudah memiliki semua yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan Anda. Anda semua siap untuk membuat diri banjir proyek!

Namun seperti disebut di atas, selama enam bulan pertama karir lepas Anda, Anda harus melakukan investasi serius untuk membangun basis karir Anda. Ini tidak hanya berarti melakukan pekerjaan secara gratis untuk membangun portofolio Anda, namun juga hal-hal semacam investasi untuk keanggotaan di organisasi profesi, jaringan profesional yang relevan, dan layanan penunjang bisnis lainnya.

Anda juga dapat mengikuti lokakarya atau kelas pelatihan yang bagus. Bukan hanya meningkatkan skill, acara seperti ini juga sangat baik untuk membuat jaringan Anda bertambah luas. Meskipun mungkin ongkos yang diperlukan terasa mahal sekarang, membayar untuk terkoneksi dengan jaringan profesional yang mapan adalah investasi dalam bisnis Anda, bukan hanya biaya.

Testimoni Klien

Cara tercepat dan paling pasti untuk membangun karir secara freelance adalah dengan terus mendapatkan referensi dan testimoni dari klien Anda. Bila Anda setuju untuk bekerja untuk klien, pastikan dan mintalah di depan tentang kesediaan mereka untuk memberi Anda kesaksian jika mereka puas dengan pekerjaan Anda. Memiliki banyak testimonial di profil dan situs LinkedIn Anda akan membantu memberikan kepercayaan kepada klien potensial terhadap layanan Anda.

Untuk membantu klien Anda, buatlah draft testimoninya berdasarkan dialog Anda dengan klien. Kirimkan draft tersebut kepada sang klien, dan minta mereka untuk mengunggah draft tersebut ke LinkedIn atau platform lain.  Dengan demikian, Anda tidak merepotkan klien-klien Anda dan tetap mendapatkan rekomendasi dan testimoni yang berkilau dari mereka.

Bangun Hubungan dulu Uang itu Menyusul

Selama beberapa bulan pertama, Anda mungkin merasakan “kepanikan” khas pekerja lepas – ke mana saya akan menemukan proyek berikutnya? Apakah saya menghasilkan cukup uang? Di mana saya bisa menemukan klien yang tepat? Bagaimana saya bisa membayar tagihan saya?

Tentu, setiap orang harus makan. Tapi jika Anda berpikir bisnis Anda hanya menghasilkan uang, Anda tidak akan bertahan lama.

Peluang terbaik Anda akan datang dari orang-orang yang merekomendasikan Anda. Jadi bagaimana anda mendapatkannya? Anda harus membantu orang lain terlebih dahulu. Daripada berjalan-jalan dengan tangan Anda keluar, mengemis untuk klien, tanyakan pada orang lain masalah apa yang mereka hadapi.

Bagaimana Anda bisa membantu mereka? Apakah Anda tertarik untuk mendengarkan apa yang orang lain lakukan, daripada memberi tahu semua orang betapa hebatnya Anda? Itu poinnya.

Related posts

Leave a Comment