Dasar-dasar Digital Marketing Bagi Startup

digital marketing

Ehub Squads yang sedang merintis perusahaan startups tentu akan disibukkan dengan aktivitas memasarkan produk dan jasanya. Salah satu yang bisa menekan biaya adalah lewat media digital. Meski banyak kesamaan prinsip dalam memasarkan secara offline maupun digital, butuh trik tersendiri untuk bisa memenangkan persaingan di ranah digital.

Apa yang harus menjadi fokus dalam digital marketing? Situs www.iamwire.com memberikan pemaparan yang dapat Ehub squads jadikan panduan. Simak ikhtisarnya di bawah ini!

Fokus pada Sasaran Pelanggan yang Spesifik

Di tahap awal pemasaran secara digital penting untuk menemukan fokus tentang siapa sasaran pelanggan Anda. Upaya pemasaran digital harus benar-benar ditujukan pada mereka. Ehub Squads bisa menentukan cakupan sasaran pelanggan dengan melihat siapa pelanggan produk dari perusahaan sejenis.

Anda juga bisa memantau media sosial dan mengamati perilaku serta gaya hidup orang-orang yang Anda sasar. Dari situ Anda bisa melihat orang-orang seperti apa yang akan membutuhkan produk Anda. Berikutnya tentukan secara spesifik siapa mereka berdasarkan, umur, lokasi, gender, dan lain sebagainya.

Interaksi dengan Sasaran Pelanggan Anda

Setiap produk hanya bisa berhasil saat produk memenuhi kebutuhan pelanggan. Bahkan jika produk Anda berbeda dari apa yang dibutuhkan orang, Anda hanya bisa mengetahuinya dari berbicara langsung dengan sasaran pelanggan Anda. Mereka dapat membantu  menyarankan beberapa perubahan pada produk Anda agar lebih sesuai dengan pasar.

Ini hanya mungkin dilakukan saat Anda terlibat dengan audiens di platform media sosial. Anda bisa  berinteraksi dengan menjawab pertanyaan mereka dan mendiskusikan kekurangan produk Anda untuk memperbaharuinya lebih lanjut. Ini juga akan membantu dalam membangun basis pelanggan setia.

Marketing E-mail

Pemasaran dengan menggunakan e-mail adalah senjata digital terbaik yang tidak hanya akan membantu Anda memulai untuk mempromosikan produk, tetapi juga akan membantu menghasilkan prospek penjualan. Anda perlu memetakan segmen audiens e-mail Anda dalam berbagai kategori dengan membaginya berdasarkan demografi, sejarah pembelian dan lokasi. Ini akan membantu Anda menentukan konten yang relevan untuk setiap segmen.

Buat Konten Menarik

Konten promosi adalah “senjata” utama dalam menghasilkan brand-awareness dan menarik calon pelanggan bagi bisnis Anda. Namun, kualitas konten telah diabaikan oleh banyak startup di masa lalu. Dampaknya, mereka kehilangan perhatian dari pangsa pasar yang sudah tertangkap maupun yang masih potensial dalam waktu cepat.

Landing Page yang Menarik dan Informatif

Sebuah start-up wajib memiliki website. Ini menjadi “etalase” Anda. Buat halaman pertama atau landing page Anda semenarik dan seinformatif mungkin. Bila calon pelanggan sampai di website Anda dan mendapatkan informasi serta pengalaman yang menyenangkan, mereka akan lebih berpotensi menjadi pembeli.

Pelajari Kompetitor Anda

Pantau setiap perkembangan strategi pemasaran digital kompetitor Anda. Respons langkah-langkah mereka dengan strategi yang lebih baik. Perhatikan media sosial mereka, lihat siapa saja yang berinteraksi di akun-akun kompetitor Anda itu.

Iklan Berbayar

Saat ini banyak platform media sosial memiliki fitur berbayar yang dapat menjadi sarana promosi dengan anggaran murah. Periksa baik-baik apa yang mereka tawarkan. Beberapa media sosial hanya mengenakan biaya bila iklan Anda diklik oleh calon pelanggan atau pengguna media sosial tersebut.

Ehub Squads yang sedang merintis startup harus memberikan perhatian khusus pada pemasaran digital karena ini akan menentukan daya saing di tengah persaingan yang semakin sengit.

 

Happy selling!

Related posts

Leave a Comment