Cara Membuat Kontes di Facebook

kontes di facebook

Kalau di artikel sebelumnya Ehub Squads telah membaca tentang cara membuat kontes di Instagram maka di artikel ini mari kita simak tentang menyelenggarakan kontes di Facebook, sebagaimana dilansir oleh situs Hootsuite.com.

Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan

  1. Taati semua aturan hukum yang relevan.

Lakukan penelitian Anda untuk memastikan bahwa kontes Anda mematuhi semua peraturan dan peraturan hukum yang relevan, termasuk pembatasan usia dan wilayah tempat tinggal. Facebook melarang penggunanya untuk membuat kontes yang melanggar aturan hukum.

  1. Sampaikan bahwa Anda adalah penyelenggara kontes, bukan Facebook.

Bahasa kontes Anda harus memperjelas bahwa kontes “sama sekali tidak disponsori, disetujui atau dikelola oleh, atau terkait dengan, Facebook.” Syarat dan ketentuan kontes Anda juga harus menjelaskan bahwa Facebook tidak bertanggung jawab atas masalah atau risiko yang berkaitan dengan kontes. Baik masalah yang merugikan peserta kontes maupun penyelenggara.

  1. Jangan Jalankan Kontes di Timeline Akun Facebook Pribadi Anda.

Hanya Halaman Bisnis yang bisa digunakan untuk menjalankan sebuah kontes. Jika Anda hanya memiliki profil Facebook pribadi, Anda harus membuat Business Page sebelum meluncurkan kontes pertama Anda.

  1. Jangan Meminta Peserta Konteks untuk Share Kontes Anda di Akun Facebook-nya

Facebook melarang penggunaan “koneksi teman” untuk mengelola kontes. Itu berarti Anda tidak dapat mendorong pengguna untuk berbagi kontes dengan teman mereka agar bisa mendapatkan lebih banyak entri. Larangan yang sama juga berlaku bagi tagging. Minta pengguna tidak men-tag temannya di halaman kontes yang Anda selenggarakan.

  1. Jenis-Jenis Kontes

Ada berbagai jenis kontes yang bisa Anda tawarkan pada para pengguna Facebook. Anda bisa meminta mereka untuk me-Like Page Anda kemudian menawarkan potongan harga, bisa meminta orang mengirimkan foto yang menarik, memberikan kuis yang harus dijawab, dan lain sebagainya. Yang penting pastikan semua konten dibuat di Page Anda.

Beberapa Tips Praktis

  1. Tentukan Tujuan

Apa yang Anda harapkan sebagai keluaran dari promosi via kontes Facebook ini? Bagaimana sebuah kontes membantu Anda mendorong hasil bisnis? Anda perlu menjawab pertanyaan ini sebelum mulai membangun kontes Anda, karena strategi kontes Anda akan berbeda bergantung pada apakah Anda ingin, misalnya, meningkatkan Page Likes, meningkatkan lalu lintas ke situs Anda dan lain sebagainya.

  1. Buatlah Sederhana

Semakin rumit prosedur kontes Anda, semakin malas orang berpartisipasi. Jadi, buatlah sederhana!

  1. Tentukan Hadiah yang Relevan

Kalau sasaran pasar Anda anak muda dari strata ekonomi tertentu, berikan mereka hadiah yang bisa mereka gunakan dan mereka anggap berharga. Begitu juga bila sasaran Anda ibu rumah tangga.

  1. Tentukan Target yang Tepat bagi Page Anda

Anda mungkin ingin berpromosi di wilayah Indonesia. Jangan buat kontes dari Page yang isinya orang dari semua belahan dunia. Buat yang baru khusus untuk orang Indonesia.

  1. Gunakan Kanal Media Sosial Lainnya

Beberapa orang mungkin follow akun Twitter Anda, tapi tidak me-Like Facebook Page Anda. Jadi, ada baiknya Anda promosikan juga kontes Anda di Twitter.

  1. Gunakan Fasilitas Promosi Berbayar dari Facebook

Untuk memperluas cakupan sasaran Anda, gunakan fasilitas promosi berbayar dari Facebook.

  1. Evaluasi

Kalau periode kontes sudah selesai, pastikan Anda mengevaluasi apakah kontes Anda diikuti oleh orang yang tepat yaitu sasaran pelanggan Anda. Bila tidak, cari tahu sebabnya apakah dari segi waktu, media, jenis hadiah, dan lain sebagainya.

Related posts

Leave a Comment