Tip Agar Harga Produk Kompetitif

harga produk kompetitif

Penjualan secara teratur sangat penting bagi bisnis Anda. Sehingga, mendorong pelanggan Anda untuk terus membeli dari Anda harus menjadi prioritas. Jadi, bagaimana Anda bisa memastikan produk dan layanan Anda tetap dihargai dan relevan dengan pasar Anda? Marketing Donut melansir delapan tips untuk melakukannya.

Hitung Biaya Anda

Sebelum Anda mempertimbangkan menaikkan atau menurunkan harga, tinjau biaya produksi barang atau jasa Anda. Lihatlah semuanya mulai dari manufaktur dan pemasaran hingga asuransi dan gaji. Lihatlah apakah harga yang Anda bayar akan menghasilkan margin yang layak. Secara umum, kisaran 20-40 persen di atas nilai biaya dianggap sebagai pengembalian yang baik.

Pertimbangkan Kompetisi

Pantau pesaing Anda secara teratur. Cari tahu siapa yang menawarkan produk dan layanan serupa dan berapa harga yang dikenakan. Periksa situs web mereka, berbicara dengan pemasok yang sama atau bahkan menginvestasikan waktu untuk survei “pembeli misterius” (yaitu berpura-pura menjadi calon pembeli bagi pesaing). Ini memungkinkan Anda menilai apakah harga Anda tepat untuk pasar dan sejauh mana produk Anda dipasarkan secara efektif. Dengan demikian Anda mendapat petunjuk untuk memaksimalkan penjualan.

Jual Rugi

Sebenarnya tidak tepat seperti itu. Ini adalah strategi saat Anda menjual pilihan produk dengan harga yang membuat Anda rugi namun bisa tetap menarik konsumen. Ini meningkatkan kesetiaan konsumen dan pada gilirannya akan membuat Anda lebih mudah menjual produk lain yang harganya lebih mahal dan memberikan keuntungan pada Anda.

Perkuat Keunikan

Fokus pada apa yang membuat penawaran Anda istimewa. Mungkin ada banyak produk serupa dari para pesaing Anda, tetapi jika pelanggan menyukai formula yang unik pada produk Anda, kemungkinan mereka akan bersedia membayar sedikit lebih mahal untuk terus menikmatinya. 

Jangan Membuat Diskon Ganda

Diskon ganda mungkin adalah adalah strategi berisiko tapi layak dilakukan jika Anda ingin publik membicarakan produk Anda terus menerus  dan tujuan Anda adalah mendorong pesanan dalam jumlah besar – terutama untuk produk atau layanan baru ke pasar. Bagaimana pun, jangan terlalu banyak memberikan insentif pada konsumen; karena ini akan memakan keuntungan Anda.

Lokasi, Lokasi, Lokasi

Buat variasi harga di tempat-tempat berbeda yang menjual produk Anda. Anda mungkin, misalnya, dapat menawarkan produk yang sama lebih murah melalui situs Anda daripada di toko, karena ada biaya overhead yang lebih sedikit. Anda mungkin juga memberikan harga yang lebih murah bila pembeli datang ke toko yang tersedia di tempat produksi dibanding di cabang Anda di mal.

Tetapkan Sasaran Pelanggan Spesifik

Pertimbangkan mengadaptasi produk agar sesuai dengan kebutuhan kelompok pelanggan tertentu. Ini mungkin melibatkan harga ekonomis, standar dan versi premium. Pendekatan semacam itu (segmentasi pasar) dapat membangun loyalitas dan melihat perkembangan pelanggan ke titik harga yang lebih tinggi karena keadaan dan kebutuhan mereka berubah.

Bagaimana Anda Ingin Pelanggan Membayar?

Terkadang, metode pembayaran sama pentingnya dengan harga yang kompetitif. Menawarkan periode waktu yang disepakati untuk melunasi pembayara misalnya, adalah salah satu cara untuk memberi insentif agar orang tergerak melakukan pembelian, terutama pada item dengan biaya tinggi. Selain itu, kemudahan membayar juga berpengaruh. Meode membayar lewat transaksi online, kartu kredit, kartu debit atau bahkan potong pulsa telpon bisa membuat pelanggan merasa dipermudah.

 

Ehub Squads dapat menerapkan tips-tips di atas dan bersiaplah meraih penjualan melimpah!

Related posts

Leave a Comment