Bisnis Melejit dengan Kuis Seru di Instagram

kuis seru instagram

Engagement…engament…engagement… demikian mantera kunci bagi para Ehub Squads yang sedang getol membangun proses pemasaran digital melalui media sosial. Penting untuk memperkuat interaksi melalui akun-akun Internet seperti Twitter, Facebook dan yang sekarang sedang naik daun di berbagai kalangan adalah, Instagram! Membangun brand Anda via media sosial yang disebut terakhir tersebut menjadi sangat penting bagi bisnis Anda.

Salah satu cara untuk menciptakan interaksi di Instragram adalah melalui kontes-kontes berhadiah menarik. Situs Social Media Examiner melansir empat tips penting untuk Ehub Squads jadikan panduan agar bisa merancang konteks Instagram yang seru dan memancing engagement.

Pilih Jenis Kontesnya

Beberapa jenis kontes yang bisa dipilih adalah

  1. Kontes Like

Gagasannya sederhana, unggah foto produk Anda yang menarik dan minta orang untuk ngeklik Like. Lalu Anda bisa tawarkan misalnya potongan harga, produk gratis dan lain sebagainya tergantung anggaran promosi Anda. Yang penting, dengan semakin banyak Like, maka foto yang Anda unggah dan akun media sosial Anda bisa semakin banyak muncul di Search Tab. Jadi kalau follower dari orang-orang yang memberikan Like hendak menggunakan fitur search, mereka akan sampai ke Search Tab dan melihat foto yang Anda unggah di sana.

  1. Kontes Comment

Meminta orang untuk berkomentar sebagai entri mirip dengan kontes Like. Minta pengguna Instagram untuk mengomentari foto yang Anda unggah dan beri hadiah, misalnya untuk komen terbaik, terlucu, dan lain sebagainya. Komen bisa berupa saran, pengalaman menggunakan produk dan lain sebagainya. Dari situ Anda mendapatkan engagement dan juga saran-saran berharga. Anda juga bisa meminta pengguna untuk memberi tag atau mention teman-teman mereka.

  1. Kontes Tantangan Berfoto

Tantangan foto mungkin adalah jenis kontes Instagram yang paling populer. Undang pengguna untuk mengirim foto di akun pribadi mereka dan gunakan tagar spesifik yang Anda tentukan (sehingga Anda dapat menemukan dan mencatat entri tersebut). Anda misalnya bisa meminta mereka untuk membubuhkan tagar #IndonesiaHebat di bagian caption. Dengan demikian Anda bisa mendata foto mereka.

Ini mampu menaikkan engagement karena follower dari orang yang mengunggah foto bisa tergerak untuk mengklik tagar tersebut dan menemukan akun produk Anda atau foto yang Anda unggah. Selain itu, tagar Anda juga dapat secara langsung menggambarkan produk yang Anda tawarkan.

Sampaikan Aturan Kontes-nya

Dibanding platform sosial seperti Facebook, Instagram tidak memiliki aturan promosi yang sangat banyak. Anda hanya perlu melakukan dua hal. Pertama, akui bahwa promosi itu tidak disponsori, disahkan, dikelola oleh, atau terkait dengan Instagram. Kedua, buatlah tagar yang akurat sesuai tujuan kampanya digital marketing Anda dan minta pengguna untuk hanya menggunakan tagar sesuai tujuan kontes.

Pilih Hadiah yang Relevan

Seperti halnya kontes media sosial lainnya, Anda tidak ingin hanya menambah followers, Anda menginginkan followers yang tepat. Cara terbaik untuk menemukan orang-orang itu adalah menawarkan hadiah yang menarik sasaran pasar Anda.

Kampanyekan Pesan Anda

Menggunakan hashtag yang tepat di bagian posting dan komentar Instagram Anda adalah kunci karena memungkinkan Anda untuk melacak entri dengan mudah. Jika Anda tidak yakin jenis hashtag apa yang harus digunakan, inilah beberapa saran yang bisa Anda gunakan:

  • #(nama merek produk anda)
  • #Instagramcontest
  • #makangratis
  • #photochallenge
  • #giveaway
  • #tunjukkanKarya

 

Related posts

Leave a Comment