Bekerja dengan Passion

Bekerja berdasarkan bidang yang disukai dan gemari tentu akan membuat Anda senang dan menikmati dalam menjalaninya. Passion memang menjadi hal yang penting dalam melaksanakan pekerjaan, ada quotes dari anonym berkata: choose a job you love, and you will never have to work all day in your life.’ Maksudnya, pilihlah pekerjaan yang Anda sukai, sehingga Anda tidak perlu merasa sedang bekerja seumur hidup.

Berdasarkan survei yang dilakukan di Amerika hanya 13% dari tenaga kerja di Amerika yang menyukai pekerjaan mereka, 80% mengatakan mereka tidak dalam pekerjaan yang mereka impikan, 44% pasrah dan berpikir mereka tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan impian.

Hasil survei tersebut menjadi fakta, bahwa cukup banyak orang yang bekerja tidak berdasarkan passion dan tidak mencintai pekerjaannya saat ini. Lalu bagaimana langkah yang dapat Anda lakukan untuk menemukan pekerjaan berdasarkan passion Anda? Yuk, simak, E-Hub Squad!

Komunikasi dengan Diri Sendiri

Hal apa yang sangat Anda sukai? Kegiatan apa yang membuat Anda rela berjam-jam untuk melakukan hal tersebut? Coba tanyakan hal itu terlebih dahulu pada diri sendiri sebelum Anda melamar suatu pekerjaan. Jangan sampai Anda masuk ke sebuah perusahaan yang ternyata memang bukan bidang yang Anda kuasai, nantinya akan berujung pada ketidaknyamanan dalam menjalaninya dan membuat hari-hari Anda tersiksa.

Maknanya adalah Anda tidak bekerja tetapi Anda harus berkarya, dengan bekerja sesuai passion maka akan muncul karya-karya baru yang bisa Anda ciptakan. Untuk mengetahui cara mengenali passion Anda, baca artikel ini Passion: Temukan dan Kembangkan .

Stop Fokus Pada Gaji

Bekerja tentu imbalannya adalah gaji, namun jika pekerjaan tidak disukai, hari-hari Anda akan sengsara dan begitu menyiksa di kantor. Kesenangan hanya bisa Anda dapatkan saat hari gajian saja. Apakah Anda ingin seperti itu? Tentu tidak.

Geser sedikit fokus Anda dari hanya urusan gaji, jika Anda telah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda, mengapa harus dilepas? Coba dijalani dan percayalah gaji akan mengikuti sesuai dengan pengalaman dan kemampuan yang Anda miliki. Selain itu, fokus anda bisa lebih diarahkan untuk mencintai pekerjaan dan lingkungan pekerjaan, dibandingkan dengan fokus kepada gaji.

Berani Mencoba Hal Baru

Jangan menutup diri Anda untuk mencoba tantangan baru. Jika Anda sudah bekerja sesuai dengan passion yang diminati, bukan berarti Anda puas begitu saja. Penting bagi Anda untuk upgrade ilmu yang baru agar kemampuan semakin bertambah dan nilai jual Anda semakin tinggi.

Anda bisa mencoba untuk banyak terlibat dalam beberapa kegiatan kantor, jadi tidak hanya mengerjakan pekerjaan yang menjadi jobdesc saja, mencoba dan mulai untuk berkontribusi akan menambah banyak pengalaman untuk Anda.

Jika sudah dijalani langkah-langkah di atas siapa tahu Anda bisa menemukan pekerjaan impian. Selamat mencoba, ya.

“setengah hidup kita dihabiskan dengan bekerja, jika kita tidak mencintai pekerjaan kita untuk apa kita membuang-buang waktu”-Oie Wirianto (Chief Marketing, PT. GDP Venture)

Related posts

Leave a Comment