Sukses Jualan Barang Bekas

Siapa bilang barang bekas hanya akan menumpuk sia-sia di gudang lantas berakhir di tempat sampah? Mulai sekarang, rawat barang bekas Anda sebaik mungkin dan tunggu waktunya barang tersebut berubah jadi beras. Mungkinkah?

Iya, barang bekas dalam kondisi baik bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis. Caranya tentu saja dengan menjualnya. Selain menjual barang-barang bekas milik pribadi, Anda juga bisa menjual barang bekas yang Anda beli dari orang lain dengan harga terbilang murah. Tentu saja dengan harga jual di bawah harga barang baru, Anda bisa mendapatkan cukup banyak peminat.

E-Hub Squad, apakah Anda tertarik untuk menjual barang bekas seperti beberapa akun Instagram berikut?

IG: @bomnallovestore

bomna love

Disebutkan, akun Instagram ini menjual novel bekas. Memang banyak orang beralih ke e-book untuk menyalurkan minat baca mereka. Lebih praktis tentunya. Namun, koleksi novel klasik tetap menjadi harta tak ternilai bagi sebagian orang lainnya. Apalagi, novel-novel tersebut bisa diperoleh dengan harga yang tergolong murah.

 

IG: @mamabinarghani

Bisa dikatakan, perlengkapan bayi jadi barang yang memiliki momentum sangat sebentar. Artinya, beberapa perlengkapan tidak bisa digunakan secara jangka panjang seiring cepatnya pertumbuhan dan perkembangan bayi. Alih-alih menumpuk tidak terpakai hingga sia-sia, akun ini menyiasati perlengkapan bayi untuk dapat dijual kembali.

 

IG: @usedbyfp

Wanita mana yang tidak senang berbelanja? Sering kali, wanita menjadikan belanja sebagai kegiatan rutin. Padahal, bisa jadi barang yang mereka beli belum tentu mereka butuhkan, apalagi secara mendesak. Alhasil, pakaian mereka menumpuk di lemari dan belum tentu akan dipakai. Menjual pakaian bekas pribadi bisa jadi salah satu yang paling mudah dilakukan. Akun ini, misalnya, jadi salah satu yang memfasilitasi keinginan wanita untuk memiliki pakaian bermerek tapi terbentur faktor bujet.

 

IG: @tony_secondbrand

Siapa bilang keinginan mengikuti tren fesyen hanya jadi milik wanita? Iya, pria juga! Bahkan, pria yang cenderung terlihat cuek sekalipun bisa menggantungkan minat fesyennya pada tren yang sedang berlangsung. Akun Instagram ini menjual produk pakaian kasual pria hingga sepatu dan jaket khusus olahraga.

 

IG: @vioo_shop

Ternyata, kosmetik jadi barang yang lumayan sering dibeli namun pada akhirnya hanya dipergunakan sesekali. Ini mungkin berkaitan dengan jenis kulit seseorang. Bisa jadi, seorang tertarik membeli sebuah produk kosmetik dan berharap akan sesuai dengan jenis kulitnya. Namun ketika sudah mencoba beberapa kali, kosmetik tersebut malah menimbulkan masalah kulit. Dengan masa kedaluwarsanya yang cukup lama, daripada dibuang, kosmetik bisa dijual kembali dan mungkin bermanfaat untuk orang lain.

Akun ini jadi salah satu yang memfasilitasi produk kosmetik bekas untuk dijual kembali. Syaratnya tentu saja tidak mendekati tanggal kedaluwarsa dan dalam kondisi sekitar 85% pemakaian. Artinya, belum banyak yang terpakai oleh pemilik sebelumnya.

 

Tip Menjual Barang Bekas dengan Aman

Tampaknya tidak rumit bukan berbisnis barang bekas? Jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ini, E-Hub Squad, ikuti beberapa tip berikut.

  1. Jenis barang apa yang ingin Anda jual? Coba pikirkan secara spesifik barang apa yang menurut Anda mudah dan pasti dicari oleh target pasar Anda. Pastikan, Anda juga memahami jenis barang tersebut.
  2. Anda bisa berburu barang bekas di beberapa lokasi yang menjualnya dengan cukup banyak. Namun, Anda juga bisa mencoba berburu barang bekas ke rekan, sahabat, teman, atau keluarga.
  3. Tantangan utama berbisnis barang bekas adalah kondisi dan kualitas. Karenanya, pastikan hanya menjual barang dalam kondisi dan kualitas baik. Bukan tidak mungkin konsumen menganggap barang bekas yang Anda jual seperti barang baru, bukan?
  4. Jual kembali barang bekas tersebut tentunya dengan harga yang masuk akal. Coba membeli dengan harga terbaik, tapi jangan menjualnya mendekati harga barang baru. Anda memang akan memperoleh keuntungan lumayan besar, tapi bisa jadi orang akan berpikir dua kali untuk membelinya.
  5. Beberapa orang menjual barang bekas pada bazar-bazar yang rutin diselenggarakan di beberapa tempat saat hari libur atau akhir pekan. Jika Anda belum merasa percaya diri atau kekurangan modal untuk menyewa tempat, berjualan online bisa jadi solusi terbaik. Seperti akun-akun yang disebutkan di atas, Anda bisa coba menjual melalui media sosial, salah satunya Instagram. Jangan lupa, foto produk Anda dan buat postingan semenarik mungkin, ya!

Nah, semoga ide bisnis dan tip menjual barang bekas ini bermanfaat untuk Anda ya E-Hub Squad! Punya ide dan tip seru lainnya? Silakan share di bagian komen, ya!

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment