Bio Menarik = Follower Instagram Naik

bio instagram

Profile picture membuat orang mempertimbangkan akan membuka akun bisnis Anda atau tidak. Sementara, Bio membuat orang berpikir akun follow akun bisnis Anda atau tidak.

Beberapa hal berikut dalam Profil Instagram selayak “first impression” yang diberikan kepada pengunjung akun bisnis Anda.

  1. Anda bisa menggunakan nama merek produk/jasa yang ditawarkan dalam akun bisnis Anda.
  2. Nama Pengguna (username). Nama pengguna dibutuhkan saat Anda akan mengaktifkan (login) akun Instagram. Nama pengguna menjadi bagian dari URL profil, berguna saat orang melakukan pencarian akun, dan dapat ditautkan pada beberapa akun media sosial yang Anda miliki.
  3. Berguna dalam membantu orang secara mudah menjangkau website Anda. Bisa dipastikan, ini merupakan satu-satunya tautan “hidup” yang terdapat dalam Profil Anda.
  4. Pada Instagram, Bio seperti “perkenalan” singkat yang menjadi deskripsi siapa dan bagaimana akun Anda akan dikelola. Bio menjadi penentu utama apakah seseorang akan followAnda atau tidak, tak peduli seberapa oke produk yang Anda tawarkan. Bio sangat penting dalam kemajuan usaha Anda.

E-Hub Squad, karena peran Bio Profil Instagram sangat penting, pastikan Anda mengetahui bahwa beberapa hal berikut yang bisa membantu dalam membuat Bio yang oke.

Karakter

Anda mendapat sekitar 150 karakter untuk mendeskripsikan tentang bisnis, produk atau jasa, yang Anda tawarkan kepada audiens dan mengapa mereka layak memperhatikan hingga follow akun bisnis Anda. Perhatikan dengan baik apa yang Anda tulis dan dampak jangka panjang yang dapat ditimbulkannya. Ingat, singkat, jelas, dan padat!

Emoji

Selain dengan kata-kata, Anda bisa coba membuat deskripsi dengan emoji untuk membuat kesan lebih menarik. Pastikan hanya menggunakan emoji yang mewakili bisnis yang Anda tawarkan. Hal ini sebagai alternatif untuk membuang efek membosankan dari terlalu banyak atau panjang tulisan yang Anda buat. Namun, hindari terlalu banyak menggunakan emoji agar tidak terkesan terlalu ramai dan berlebihan.

Deskripsi ke Bawah

Selain menggunakan emoji, Anda bisa coba membuat deskripsi secara terpisah-pisah, line per line. Hal ini juga untuk menghindari kesan membosankan saat membaca kalimat deskripsi yang terlalu panjang. Anda bisa mencantumkan hanya informasi terpenting yang ingin disampaikan tentang merek Anda.

Quote

Agar lebih mudah dikenali dan diingat, cantumkan quote (moto) yang mewakili karakter merek atau sesuai dengan bisnis Anda. Atau, kenapa tidak coba membuat quote sendiri?

Tagar

Selain quote, ide kreatif lain yang menjadi tantangan bagi Anda adalah membuat tagar yang mewakili merek atau bisnis Anda untuk senantiasa dicantumkan dalam setiap postingan. Pertama-tama, sertakan tagar tersebut dalam Bio.

 

E-Hub Squad, mudah bukan membuat Bio yang menarik? Ingat, jangan menggunakan singkatan-singkatan yang sulit dimengerti audiens, pastikan Anda tidak memaksa orang untuk follow akun Anda dengan iming-iming follow back (follow = follow back), dan jangan berikan kesan mengancam (spam/haters/no transfer = blocked) dalam Bio Anda. Selamat mencoba!

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment