Bisnis Dropship: Cara Memilih Pemasok

dropship

Ingin memiliki penghasilan tambahan? Dropship bisa jadi salah satu solusi bagi Anda! Selain tidak rumit, tidak membutuhkan modal besar, jenis bisnis ini ternyata cukup potensial.

Melalui rangkaian kemudahan yang ditawarkan sistem dropship, jangan sampai Anda terjebak dengan kesalahpahaman bisa memulai bisnis ini di hampir setiap ceruk (niche) pasar yang bisa dibayangkan. Sama sekali tidak benar, E-Hub Squad!

Tidak peduli bagaimana pengalaman bisnis Anda sebelumnya, ketika memulai bisnis dropship, Anda memasuki “dunia baru” dengan kompetitor yang sangat banyak dan jauh lebih berpengalaman serta lebih memahami pelanggan dan apa yang mereka butuhkan. Selain itu, fakta bahwa modal Anda minim, dan karenanya memilih model bisnis dropship, bukan berarti bahwa Anda dapat bersaing dengan mereka secara efektif.

Karenanya, penting untuk memilih ceruk yang benar-benar Anda ketahui dan pahami. Hal ini memberi Anda nilai tambah dibanding kompetitor lain yang mungkin tidak memiliki pengalaman personal dan menginvestasikan hal lebih dalam melakukan riset. Jangan salah paham, Anda tidak membutuhkan pengalaman bisnis dalam ceruk tersebut, tapi setidaknya beberapa hal berikut dapat sangat membantu.

  1. Anda merupakan konsumen dalam ceruk pasar yang akan Anda jalani. Anda pernah membeli sejumlah produk dalam ceruk tersebut dan memahami kelebihan/kekurangannya serta bagaimana menjadikannya lebih baik.
  2. Anda seorang profesional atau memiliki keahlian akademis, terlatih dalam bidang tersebut yang mampu menjadikan Anda lebih profesional.
  3. Anda telah meneliti ceruk tersebut, bahkan walaupun melakukannya di lingkup teman dan keluarga. Setidaknya Anda telah mengetahui target ceruk tersebut.
  4. Anda mengatahui bagaimana bisnis lain dalam ceruk tersebut berjalan, naik dan turun, dan Anda memahami bagaimana memperbaiki kekurangannya.

Memiliki pemahaman tentang ceruk tidak hanya akan membantu Anda bersaing dan melayani konsumen secara lebih baik. Hal ini sangat penting dalam mencari dan menemukan pemasok yang akan mengirim langsung produk ke konsumen Anda. Tanpa pengetahuan tentang ceruk, Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk menangkap apa pun yang mencurigakan tentang kualitas produk, proses, harga, atau hal apa pun yang terkait dengannya. Dengan kata lain, Anda berkemungkinan besar mengalami kegagalan.

Memilih Pemasok yang Tepat

Seperti pada kebanyakan industri, terlebih dalam bisnis dropship, menemukan pemasok berkualitas merupakan hal penting dalam kesuksesan bisnis Anda. Pada bisnis model tradisional, di mana Anda memegang keseluruhan proses, ketika terjadi kesalahan Anda akan memperbaikinya semaksimal mungkin. Namun dalam bisnis model dropship, produk dikirimkan langsung oleh pemasok kepada pelanggan Anda.

Anda tidak bisa memperbaiki jika ada barang yang rusak atau sampai ke tangan pelanggan dalam kondisi tidak memuaskan. Karenanya, Anda sangat bergantung kepada pemasok mengenai kualitas produk tersebut. Bekerja sama dengan pemasok yang tepat dan berkualitas merupakan hal yang sangat penting. Berikut cara menemukannya:

  1. Pemasok lokal. Ini merupakan cara termudah agar Anda dapat lebih mudah bekerja sama dan menguhubungi pemasok.
  2. Pemasok online.

Selain itu, hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pemasok adalah:
1. Telusuri kualitas mereka melalui ulasan online di internet. Cari tahu tentang isu-isu negatif atau pendapat konsumen mengenai kualitas mereka.
2. Perhatikan tentang biaya-biaya yang harus Anda keluarkan. Jika pemasok terus-menerus meminta tambahan biaya kepada Anda, lebih baik hentikan kerja sama dengan mereka.
3. Pertimbangkan secara matematis ketika Anda harus berurusan dengan order minimal. Pemasok yang jauh lebih besar mungkin bisa menjadi solusi bagi Anda.

E-Hub Squad, semoga pembahasan di atas membantu menemukan pemasok berkualitas untuk bisnis dropship Anda, ya!

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment