Menangkan Hati Pelanggan: Ikuti Cara ini!

“Pembeli adalah raja.” Istilah yang terdengar klasik ini tak asing Anda dengar, bukan? Ya, tentu saja karena pelanggan adalah sumber bertumbuhnya sebuah bisnis. Melalui pelanggan, produk/jasa dalam usaha Anda bahkan bisa mendapatkan promosi secara gratis.

“Waktu telah membuktikan, mereka yang menjadikan konsumen adalah raja, berhasil mengambil hati konsumennya, menetapkan harga lebih tinggi tetapi tetap dibeli, dan bertahan lebih lama dalam bisnisnya.” menurut Cyltamia Irawan pada sebuah presentasi bertajuk Strategi Jadikan Konsumen Raja seperti yang dilansir dari kompas.com

Well, mengambil hati dan memenangkan hati pelanggan pasti memerlukan beberapa langkah yang tepat. Yuk, kita simak apa kata Micheal Tampi selaku Co-Founder Kinara Indonesia mengenai pengalamannya saat berkunjung ke Yogyakarta dan bertemu mobile application developer.

Selalu Membuka Diri
Menyambut pelanggan dengan baik dan suka cita menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki oleh warga Yogyakarta. Tak heran jika Yogya disebut “surga dunia”. “Saya melihat sikap terbuka sudah menjadi karakter teman-teman di Yogya. Ada yang menyambut saya dengan mengajak makan atau mempersiapkan tim untuk berdiskusi,” kata Michael. Yap, pelajaran yang dapat diambil dari warga Yogya adalah gesture dan komunikasi. Mereka sangat murah senyum dan ramah.

Give Your Full Attention and Listen
Jurus paling manjur jika Anda ingin ‘’menggaet’ hati pelanggan adalah dengan memberikan perhatian lebih. Perhatian ini walau kecil akan memberikan kesan yang baik di mata pelanggan Anda.
“Seseorang akan akan merasa lebih nyaman dengan mereka yang memberikan perhatian dan yangmemilih untuk mendengarkan maksud serta tujuannya terlebih dahulu. Sebagai seorang pembeli tentu mereka akan senang karena Anda fokus dengan mereka,” tutur Michael.

Solve, Don’t Sell
Hard selling zaman saat ini memang sulit untuk dapat diterapkan dalam sebuah penjualan, berbeda dengan zaman dulu, namun masih tetap bisa diaplikasikan dalam bisnis yang Anda jalankan.
Pendekatan soft selling sekarang lebih banyak digunakan, terutama dalam bisnis online. Pendekatan soft selling yang paling pas saat ini berupa saran-saran yang solutif. “Teman-teman di Yogya saat ini fokus pada solusi atas kebutuhan daripada secara membabi buta menjual pada siapa atas apa yang mereka sudah buat,” lanjutnya.

Provide Surprise
Pelanggan paling menyukai sebuah kejutan, diskon salah satunya. Namun jika Anda memiliki usaha dalam bentui jasa maka penting bagi Anda untuk menyediakan kejutan yang tidak disangka-sangka oleh pelanggan Anda. Contoh, jika Anda membuka salon maka tak ada salahnya memberikan surprise berupa pijatan gratis untuk pelanggan Anda.

Follow Up
Ketika berbagai pendekatan sudah dilakukan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan follow up kepada pelanggan Anda. Bentuk follow up bermacam-macam, bisa saja jika Anda menjual suatu produk untuk menanyakan bagaimana produk tersebut digunakan, nyaman atau tidak ketika digunakan? Dan tak ada salahnya untuk meminta tanggapan kepada pelanggan tentang produk Anda.

Bagaimanapun, membuat pelanggan nyaman dan senang tak pernah ada ruginya dan banyak untungnya. Selamat mencoba langkah-langkah di atas ya, E-Hub Squad!

Related posts

Leave a Comment