Serba-Serbi Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Anda

jasa pengiriman

Meningkatnya jumlah pengusaha online di Indonesia menyebabkan permintaan akan layanan pengiriman barang meningkat. Tentu saja, hal ini juga menyebabkan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang makin banyak.

E-Hub Squad, Anda mulai berbisnis online dan bingung memilih jasa pengiriman barang yang paling oke? Seberapa pun ketatnya persaingan di antara perusahaan pengiriman barang, Anda tentu hanya akan memilih jasa dengan kualitas layanan dan harga terbaik, bukan? Berikut perbandingan yang dapat menjadi pertimbangan bagi bisnis Anda.

PT POS Indonesia

Kelebihan

  1. Telah beroperasi puluhan tahun, memiliki segudang pengalaman, mampu menjangkau hingga pelosok Indonesia, dan memiliki layanan di tiap kecamatan.
  2. Timbangan yang dipergunakan akurat. Berat barang dihitung per gram, tidak dibulatkan jadi per satu kilogram.
  3. Tarif lebih terjangkau, bersaing dengan perusahaan lain, dan sama di seluruh kantor pos.
  4. Tarif yang cenderung murah dan cukup cepat untuk pengiriman ke luar negeri.
  5. Jam operasional lebih panjang di kantor pos pusat dan divisi khusus pengiriman paket.
  6. Layanan online yang beroperasi sejak 2010 dan bisa diakses dengan mudah untuk berbagai kepentingan.

Kekurangan

  1. Kurangnya promosi sehingga kebanyakan orang masih menganggap PT Pos Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman surat dan uang.
  2. Pelayanan kurang cepat dan tepat waktu.

JNE

Kelebihan

  1. Memiliki sistem pemasaran dan distribusi yang baik, serta kantor cabang yang mudah ditemukan dengan jam operasional hingga malam.
  2. Memiliki layanan dan sistem online yang memudahkan orang untuk melacak paket yang mereka telah kirim atau akan terima.
  3. Layanan customer service yang responsif.
  4. Adanya garansi uang kembali jika paket melampaui batas waktu yang ditentukan (untuk paket jenis tertentu).
  5. Adanya beberapa layanan yang bujetnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan konsumen.
  6. Layanan pengiriman dokumen dan surat berharga, selain paket barang.

Kekurangan

  1. Terkadang barang tidak diterima tepat waktu atau melebihi waktu yang telah diperkirakan.
  2. Sistem online sering mengalami kendala dan nomor resi sulit untuk dilacak.
  3. Layanan hanya terbatas di kota-kota besar, tidak mencapai pelosok.
  4. Tarif dihitung per kilogram, cenderung lebih mahal.

TIKI

Kelebihan

  1. Telah lama beroperasi di bidang pengiriman barang, mencapai hingga 30 tahun, dan memiliki banyak pengalaman di bidang ini.
  2. Kantor cabang hingga 250, tersebar di seluruh wilayang Indonesia, mudah ditemukan.
  3. Layanan pengiriman bergaransi.
  4. Sistem tracking untuk memudahkan pelacakan barang.
  5. Tarif terbilang lebih rendah.
  6. Adanya layanan yang bujetnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan konsumen.

Kekurangan

  1. Customer service dan hotline yang sulit untuk dihubungi.
  2. Tidak menjangkau pengiriman hingga ke pelosok daerah.
  3. Kurangnya inisiatif dari kurir untuk mengubungi pengirim/penerima barang saat alamat sulit ditemukan.

Wahana

Kelebihan

  1. Tarif lebih murah.
  2. Menerima jenis barang dengan tingkat kehati-hatian tinggi, seperti cairan dan gas.
  3. Jam operasional hingga malam hari.

Kekurangan

  1. Kurang banyaknya kantor cabang sehingga sulit dijangkau oleh orang yang ingin menggunakan layanan Wahana.
  2. Barang cenderung lebih lama tiba ke tangan penerima.
  3. Sistem tracking cenderung sulit dilacak.

J&T

Kelebihan

  1. Tarif bersaing, tetapi terkadang memberikan layanan diskon.
  2. Jam operasional hingga malam hari.
  3. Sistem tracking untuk memudahkan pelacakan barang.
  4. Adanya sms notifikasi bahwa barang akan dikirimkan/telah diterima.
  5. Waktu penerimaan yang terbilang cepat.

Kekurangan

  1. Kurang banyaknya kantor cabang sehingga sulit dijangkau oleh orang yang ingin menggunakan layanan J&T.
  2. Sistem notifikasi yang terkadang tidak real time.

 

FedEx

Kelebihan

  1. Jangkauan cukup luas, mencapai hingga beberapa negara.
  2. Status barang bisa dilacak keberadaannya.

 

Kekurangan

  1. Customer service yang kurang responsif.
  2. Tarif yang tidak stabil dan bisa naik tanpa pemberitahuan.
  3. Tidak adanya data dan alasan jelas ketika terjadi keterlambatan pengiriman barang.

 

E-Hub Squad, sudah tahu akan memilih layanan yang mana? Pastikan yang terbaik untuk Anda dan pelanggan, ya! Bagaimana pun, pilihan Anda akan menentukan tingkat kepuasan pelanggan pada bisnis Anda.

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment