Apa yang Anda Perlu Ketahui dari Instagram Bisnis!

instagram bisnis

Saat ini, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai hingga 45 juta. Rasanya, sayang jika pelaku usaha tidak memanfaatkan peran Instagram dalam memajukan bisnis mereka melalui fitur Instagram Bisnis.

Fitur Instagram Bisnis telah resmi diluncurkan. Berbagai kelebihan ditawarkan dengan harapan pelaku usaha dapat mengetahui lebih banyak hal mengenai konsumen atau follower mereka, sehingga terdukung dalam mencapai profit yang melejit. Apa saja sarana yang membantu dan memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan bisnis mereka? E-Hub Squad, yuk kita ketahui beberapa hal berikut dalam menjalankan fitur Instagram Bisnis!

Instagram Bisnis

Instagram Bisnis, sesuai fungsinya untuk para pelaku usaha (dikenal juga dengan istilah Profil Bisnis), adalah fitur gratis untuk akun yang ingin diakui sebagai bisnis di Instagram. Akun (Profil) Instagram Bisnis ini dilengkapi dengan beberapa informasi berikut.

1. Kategori (categories). Memudahkan audiens untuk mengetahui perihal di bidang apa bisnis yang mereka lihat bergerak. Informasi kategori bisnis ini terletak pada bagian Bio.

2. Tombol kontak. Merek (brand) yang menggunakan akun Instagram Bisnis dapat memilih bagaimana audiens (pelanggan) berinteraksi mereka, baik melalui saluran telepon (Call), Text (Pesan), maupun Email dengan sekali mengetuk tautan berwarna biru di bawah bagian Bio.

3. Link lokasi (Directions). Tautan berwarna biru, terletak di bawah Bio, di samping Text dan Email. Tombol ini akan mengarahkan audiens ke lokasi di mana Bisnis secara resmi didaftarkan menggunakan fitur Maps atau sejenisnya.

Wawasan, Bagian yang Tak Kalah Penting

Selain mengetahui fitur yang telah disebutkan di atas, pelaku usaha juga perlu mengetahui fitur lainnya yang dapat membantu mereka menjalankan akun Instagram Bisnis, yaitu Wawasan (Insight). Fitur ini berfungsi memberikan informasi mengenai follower dan postingan mereka, mencakup beberapa informasi berikut.

1. Metrik Keseluruhan

  • Tayangan, berisi informasi mengenai jumlah dilihatnya postingan dan cerita Anda.
  • Jangkauan, berisi informasi mengenai jumlah akun unik yang melihat postingan dan cerita Anda.
  • Klik Website, berisi informasi mengenai jumlah klik ke tautan yang Anda sertakan di deskripsi profil bisnis.
  • Tayangan Profil, berisi informasi mengenai jumlah akun unik yang mengunjungi profil bisnis Anda.

 

2. Anda juga dapat melihat beberapa informasi berikut mengenai follower Anda, termasuk di dalamnya mengenai jenis kelamin, usia, dan informasi lokasi, berkaitan dengan postingan atau Stories yang Anda buat.

  • Suka, informasi mengenai jumlah like dari postingan Anda.
  • Komentar dari postingan.
  • Disimpan, berisi informasi mengenai jumlah akun unik yang menyimpan postingan Anda.
  • Tayangan, berisi informasi jumlah dilihatnya postingan/story Anda.
  • Jangkauan, berisi informasi mengenai jumlah akun unik yang melihat postingan/story Anda.
  • Interaksi, mencakup jumlah akun unik yang menyukai, mengomentari, atau menyimpan postingan Anda.
  • Tayangan video, berisi informasi mengenai jumlah berapa kali video Anda dilihat.
  • Balasan, berisi informasi mengenai jumlah pesan yang dikirimkan audiens melalui opsi Kirim Pesan untuk story Anda.
  • Keluar, berisi informasi mengenai jumlah berapa kali orang mengusap dari salah satu story cerita Anda ke story orang lain, atau kembali ke Kronologi mereka.

 

E-Hub Squad, perlu Anda ketahui bahwa saat ini Instagram tidak menawarkan Wawasan untuk konten siaran langsung. Selain itu, Tayangan dan Jangkauan adalah dua hal yang berbeda. Seseorang dapat melihat postingan Anda sebanyak 5 kali. Setiap kali mereka melihatnya, Anda mendapat satu tayangan.

Sementara itu, Jangkauan didasarkan pada jumlah akun unik yang melihat postingan Anda. Setiap individu unik hanya akan dihitung sekali saja, meskipun melihat postingan Anda berkali-kali. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda untuk memulai mengaktifkan Instagram Bisnis ya!

Related posts

Leave a Comment