Laris Manis dengan Foto Produk yang Instagrammable

foto produk instagrammable

Hal pertama yang membuat kita tertarik untuk membuka sebuah akun online shop adalah foto yang oke. Nah bagaimana ya cara membuat foto produk kita sedemikian oke supaya orang tertarik untuk mengunjungi online shop hingga membeli produk yang kita tawarkan?

Bisa jadi modal yang dikeluarkan untuk menghasilkan sebuah foto produk tidak sedikit, dibutuhkan kamera yang canggih, fotografer andal, hingga model yang kece. Lantas bagaimana jika kita baru memulai usaha dan memiliki modal yang seadanya? Tenang E-Hub Squad, selalu ada jalan menuju Roma, kok!

Keterbatasan modal jangan lantas menjadikan kita berhenti untuk merealisasikan niat membangun usaha. Alih-alih demikian, lebih baik kita kembangkan kemampuan dan buka wawasan untuk bisa jauh lebih kreatif. Nyatanya, kamera smartphone bisa lho kita gunakan untuk menghasilkan foto produk yang Instagrammable. Wah, bagaimana caranya?

Pengaturan Smartphone

Untuk menghasilkan foto yang oke dengan kamera smartphone, sebaiknya Anda melakukan pengaturan dengan baik. Gunakan resolusi tertinggi, ISO yang tepat, serta balancing dan contrast yang sesuai.

Cahaya

Satu hal yang menentukan sebuah foto berkualitas baik atau tidak adalah cahaya. Karenanya, gunakan ruangan dengan pencahayaan yang maksimal. Lebih oke, foto dilakukan secara outdoor saat siang. Cahaya yang diterima dengan baik membuat foto yang Anda hasilkan terlihat lebih alami.

Jika tidak memungkinkan melakukan pemotretan secara outdoor, Anda bisa kok membuat studio mini dengan perlengkapan seadanya: Kertas HVS, karton putih, selotip, meja, dan dinding. Latar belakang warna putih sangat baik dijadikan sebagai pilihan karena dapat menonjolkan sisi detail, memberi kesan cerah, dan menerangi bagian gelap dari produk agar tidak berbayang.

Jangan Blur!

Terkadang kita lupa bahwa saat mengeklik tombol shutter ada jeda hingga foto terlihat hasilnya. Karenanya, tunggu beberapa saat dari waktu Anda mengeklik tombol shutter hingga foto terlihat hasilnya dan jangan gerakkan tangan atau kamera agar hasil tidak blur.

Edit/Tidak?

Jika memang hasil foto Anda sudah cukup oke, tidak diedit tidak mengapa agar terlihat jauh lebih natural. Namun jika ada sedikit kekurangan atau merasa ingin memperkuat kesan yang ingin disampaikan, Anda bisa menggunakan filter tertentu. Ingat, berlebihan dalam hal edit malah akan memberi kesan manipulatif pada foto.

Watermark

Watermark jadi identitas bahwa produk yang ditampilkan adalah milik Anda. Karenanya penting untuk “menghias” foto produk Anda dengan watermark. Buat watermark dari logo brand Anda, letakkan pada bagian tengah foto yang sudah Anda buat, atur transparansi watermark agar tidak menutup foto produk Anda.

Bagaimana Membuat Foto untuk Produk yang Berbeda?

  • Makanan/minuman/barang non-fashion. Selain menggunakan trik yang telah disebutkan, Anda bisa meletakkan produk di atas meja, misalnya. Beri tambahan beberapa elemen sebagai hiasan, tanpa membuatnya berlebihan, karena fokus utama adalah produk Anda.
  • Produk fashion, seperti pakaian, kerudung, tas, sepatu, aksesori. Anda bisa meminta bantuan keluarga atau teman untuk menjadi model sementara. Produk fashion akan lebih oke ditampilkan dengan model karena untuk memberi gambaran yang sesungguhnya kepada audiens mengenai detail produk, selain Anda mendeskripsikannya pada bagian caption.

E-Hub Squad, sudah siap menghasilkan foto produk yang oke dengan smartphone Anda?

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment