Millennials, Waktunya Investasi Sekarang!

Masa depan itu investasi. Dan investasi menjamin masa depan. Keduanya berkelindan erat sekali. Jika Anda masih berpikir investasi hanya milik orang tua saja, ubah paradigma itu sekarang juga. Mengapa?  Karena sekarang, generasi millennials juga dituntut untuk melek investasi.

Generasi millennials kini menjadi sorotan di Indonesia. Alasannya,  di tahun 2020-2030 Indonesia akan mendapati bonus demografi yang tentunya sangat menguntungkan bagi suatu negara. Bisa dibilang, kaum muda berlimpah dalam populasi dengan sebaran yang rata. Dipercaya, generasi ini berbeda dengan generasi yang sebelumnya, baik dari pola pikir dan gaya hidup.

Baca juga: Hal yang Paling Diinginkan Millennials dalam Bekerja

 

Dikutip dari siaran Kompas TV, generasi millennials memiliki ciri-ciri  suka berpindah kerja, mengutamakan gaya hidup, dan 80 persen tidak sanggup membeli rumah. Dapat disimpulkan bahwa generasi millennials adalah generasi yang berpikir cepat dan dalam segala hal maunya praktis.

Melihat sifat yang dimiliki oleh generasi millennials, investasi yang seperti apa yang bisa dilakukan oleh generasi millennials? Dilansir dari tayangan Kompas Bisnis, pada tanggal 28 Juli 2017, Prita Gozie memaparkan investasi yang dapat dilakukan oleh generasi millennials. Mari di simak, E-Hub Squad!

arteficegroup.com

Keep it Simple
Generasi millennials adalah generasi yang hidup dengan kemudahan yang ada, sehingga membuat generasi ini ingin segala sesuatu yang simpel. Oleh karena itu, investasi yang ditawarkan harus dibuat sesederhana mungkin. Hal tersebut memudahkan mereka untuk cepat memutuskan mengambil satu atau dua investasi yang dapat mereka jalankan secara konsisten.

 

Jangka Panjang
Usia dari generasi millenials sekarang ini rata-rata di bawah 34 tahun, dan yang paling tua saat ini berada di usia 35 tahun. Dengan hal tersebut maka para generasi millennials masih memiliki waktu sekitar 10-15 tahun untuk memasuki masa pensiunnya. Oleh karena itu, penting bagi generasi millennials untuk mengambil investasi jangka panjang sebagai tunjangan hari tua mereka.

 

Aset Produktif
Hal ini mungkin dianggap cara yang kuno di kalangan generasi millennials dalam berinvestasi, karena aset produktif lebih sering dikenal dalam bentuk rumah dan emas. Namun ternyata investasi inilah yang wajib dan paling pas dipilih oleh generasi millennials, dengan memilih berinvestasi melalui reksadana. Melalui platform ini generasi millennials dapat membeli dan monitoring langsung aset yang dimiliki melalui gadget.

Selain itu cara lain yang bisa dilakukan di aset produktif dengan cara konserfatif melalui investasi di properti, generasi millinneals dapat membeli tanah yang nantinya mungkin dapat dijadikan kebun dan orang lain yang mengurus. Hal ini dianggap lebih produktif dan menguntungkan secara berkala dan jangka panjang.

 

Jadikan Otomatis
Generasi millennials dikenal dengan kesibukannya yang cukup padat, dengan alasan tersebut membuat mereka lupa akan kewajibannya untuk melakukan investasi. Oleh karena itu, penting untuk membuat investasi yang dapat dilakukan secara otomatis. Dengan bantuan sistem agar mereka tidak lupa untuk melakukan investasi.

 

Dana Pensiun
Usia pensiun dari generasi millennials berbeda dengan gerasi sebelumnya. Mereka menginginkan pensiun di usia yang jauh lebih muda yaitu berkisar di usia 40-45 tahun, berbeda dengan generasi sebelumnya yang pensiun di usia 50 tahun. Melihat hal tersebut maka menjadi acuan bagi para generasi millennial menabung sedini mungkin untuk mempersiapkan hari tua mereka.

 

E-Hub Squad itulah investasi yang dapat dilakukan oleh para generasi millennials yang disampaikan langsung oleh Prita Gozie. Semoga menginspirasi dan membuat E-Hub Squad tergerak untuk melakukan investasi sedini mungkin.

Related posts

Leave a Comment