Cara Membuat Iklan dengan Instagram Stories

Instagram saat ini menjadi sosial media yang sangat sangat sering dibuka oleh kaum millennials, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Entrepreneur HUB, 87 persen member dari Entrepreneur HUB paling aktif di sosial media Instagram, disusul oleh Facebook dan Twitter.

Data terbaru juga menunjukkan bahwa Indonesia di tahun 2017 mencapai angka 45 juta pengguna Instagram. Selain itu Indonesia juga memiliki komunitas terbesar di kawasan Asia Pasifik.

Instagram memberikan kemudahan untuk para pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk beriklan dengan memberikan fitur Instagram Ads. Salah-satu fitur Instagram Ads yang harus dimaksimalkan saat ini adalah Instagram Stoies.

Baca juga: Instagram Stories: Cara Beriklan Kekinian

 

Beriklan di Instagram Stories

Instagram Stories adalah  sebuah fitur yang memungkinkan pengguna mengirim foto dan video yang akan menghilang setelah 24 jam. Fitur ini serupa dengan aplikasi Snapchat Stories, yang muncul di tahun 2013 sebelum hadirnya Instagram Stories.

Data terbaru di bulan Juni 2017 pengguna Instagram Stories mencapai 250 juta, sejak 10 bulan peluncurannya Instagram Stories yaitu di Oktober 2016.

Pada bulan Januari di tahun 2017, Instagram meluncurkan iklan full screen untuk Instagram Stories pada 30 brand pilihan, dan sekarang jenis iklan ini diluncurkan ke semua bisnis secara global. Iklan Instagram Stories adalah jenis iklan pertama yang memungkinkan tampilan yang full screen 9:16 pada platform.

Iklan yang dapat di-skip muncul di antara Stories dalam transisi yang mulus dan ditandai dengan label “Disponsori”. Anda bisa menyertakan satu gambar atau video hingga 15 detik. Oleh karena itu, penting jika ingin beriklan menggunakan Instagram Stories membuat konten yang menarik sehingga banyak yang mengunjungi halaman yang dituju.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara membuat iklan Instagram Stories? Yuk ikuti langkah ini, E-Hub Squad!

 

Atur format foto & Vidio
Saat Anda membuat iklan yang nanti muncul di Instagram Stories, pastikan untuk menggunakan video yang menarik atau gambar berkualitas tinggi dengan teks Call to Action (CTA) yang kuat dan sederhana. Ingat bahwa Anda hanya memiliki beberapa detik saja untuk membuat koneksi dengan pengguna.

Facebook merekomendasikan agar Anda menggunakan ukuran gambar 1080 x 1920 dan aspek rasio 9:16.

Jika Anda lebih suka menggunakan video daripada foto, pastikan video Anda dalam format .mov; .mp4; atau .gif. Perhatikan juga durasi waktunya agar tidak lebih dari 15 detik.

 

Menghubungkan Instagram & Facebook
Anda dapat menggunakan Facebook Ads Manager atau Power Editor untuk membuat iklan Instagram stories Anda. Jika sebelumnya Anda belum pernah membuat iklan di Instagram, pertama-tama Anda harus menghubungkan akun Instagram Anda ke halaman Facebook Anda.

 

Ikuti Step ini!
Anda harus memilih Reach sebagai tujuan Anda, yang saat ini satu-satunya tujuan aktif untuk iklan Instagram Stories. Setelah memilih halaman dan audience Anda,

digitalmarketer.id

pilih penempatannya. Pilih opsi Edit placement, lalu klik panah bawah di samping Instagram dan pilih stories.

digitalmarketer.id

Saat Anda membuat iklan Kisah Instagram, pilih opsi Edit Penempatan lalu pilih Stories di bawah Instagram. Setelah menyiapkan anggaran iklan dan penjadwalan, Anda siap merancang iklan Anda. Pertama, Anda harus memilih format iklan. Anda dapat memilih untuk menggunakan satu gambar atau satu video untuk iklan Anda.

digitalmarketer.id

Setelah Anda memilih format, Anda perlu upload file gambar atau video Anda. jika Anda memilih Single Image sebagai formatnya, klik upload images yang ingin disertakan dalam iklan Instagram Stories Anda.

digitalmarketer.id

Jika Anda upload video, Anda akan mendapatkan opsi untuk memilih gambar preview saat upload selesai.

Setelah Anda selesai mengupload media Anda, Anda dapat memeriksa apakah Anda ingin melacak atau memasukkan tag untuk kampanye Anda. Kemudian Anda siap meluncurkan kampanye Anda.

Begitulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat iklan di Instagram Stories, semoga membantu ya, E-Hub Squad!

Source by: digitalmarketer.id

Related posts

Leave a Comment