Bagaimana Menambah Followers Instagram untuk Bisnis Anda?

followers instagram

Siapa pemilik akun Instagram dengan jumlah follower terbanyak? Public figure, terutama artis, berada pada deretan teratas. Tak heran orang akan mengikuti akun mereka secara otomatis, mereka dikenali. Bagaimana dengan Anda, pemilik bisnis rintisan?

Sebenarnya, tak perlu menjadi artis untuk bisa memperoleh jumlah follower banyak. Beberapa orang awam nyatanya mampu memperoleh jumlah followers Instagram tidak sedikit bahkan didaulat sebagai selebgram. Sebut di antaranya Clairine Christabel dengan follower mencapai 700 ribu lebih. Awalnya, ia usil membuat postingan unik dengan aplikasi edit foto dan mampu menjangkau audiens tertentu.

E-Hub Squad, apa yang bisa kita pelajari dari akun tersebut untuk kepentingan usaha kita? Yuk, simak beberapa hal berikut.

 

Tema dan Konstistensi

Tema yang unik, tidak biasa, dan menarik akan cepat dilihat banyak orang. Beberapa orang mencoba membuat tema bersifat lucu. Lainnya, membuat tema cinta. Clairine Christabel, misalnya. Ia membuat postingan meme yang bersifat cinta dan galau, atau bertema anak muda. Ia konsisten dengan tema ini dan setidaknya melakukan postingan dua kali dalam sehari.

Sebelum memutuskan akan membuat akun, tentukan tema untuk produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Lebih mudahnya, tentukan untuk tujuan apa akun Instagram Anda buat. Entah pengenalan produk atau jualan, pastikan Anda konsisten dalam melakukan postingan, setidaknya sehari sekali.

Akun Anda tidak akan mudah dikenali dan follower Anda tidak akan bertambah jika hanya melakukan postingan seminggu sekali. Follower Anda tentu menunggu hal terbaru yang akan Anda posting, jadi sangat penting untuk mewujudkan apa yang mereka harapkan. Percayalah, setiap postingan merupakan peluang Anda untuk memperoleh follower baru.

 

Gunakan Tagar

Sebelum menjadi follower, kebanyakan orang akan mencari hal tertentu, katakan dalam hal bisnis adalah produk, menggunakan fitur pencarian. Cara terbaik akun Anda didapati dalam hasil pencarian adalah penggunaan tagar (hashtags) dalam postingan Anda. Gunakan tagar yang relevan dan menjadi tren dalam postingan agar dikenali target audiens Anda.

Setidaknya ada 30 tagar yang dapat Anda buat dalam sebuah postingan. Namun selain akan membosankan, caption Anda tidak akan mampu memuatnya. Karenanya cara termudah memuat tagar tersebut adalah bukan dalam caption, melainkan dalam kolom komen Anda. Agar praktis, Anda dapat copy-paste tagar yang sudah ada pada postingan sebelumnya.

 

Fitur Geotag Instagram

Cara lain yang dapat dilakukan untuk memudahkan orang menemukan akun Anda dalam hasil pencarian, selain menggunakan tagar, adalah mencantumkan lokasi Anda melakukan postingan. Misal, Starbucks. Orang yang melakukan pencarian geotag Starbucks akan dengan mudah menemukan postingan dan akun Anda serta mungkin akan follow Anda.

 

Waktu yang Pas

Percayalah, postingan Anda akan dengan mudah dilewati orang jika Anda melakukan postingan pada waktu yang tidak pas. Misal, Anda memosting produk baju atau makanan di jam di mana orang mengantuk dan beranjak tidur malam. Karenanya, penting untuk mencari tahu atau melakukan riset kecil mengenai waktu di mana target audiens aktif menggunakan Instagram mereka dan tentunya memiliki waktu untuk melihat postingan Anda.

 

Konten Menyenangkan untuk Dibagikan

Tidak hanya penting untuk membuat postingan yang menarik, akan lebih bermakna jika postingan Anda menyenangkan untuk dibagikan oleh follower secara sukarela. Di sela memosting produk yang akan dijual, jadwalkan secara berkala untuk memosting sesuatu yang mengedukasi orang, entah quote atau tip & trik dalam menggunakan produk Anda.

 

Watermark!

Selain menandai kepemilikan dari gambar atau video yang Anda posting, tujuan penggunaan watermark adalah memberi tahu kepada orang yang lebih banyak tentang siapa Anda. Terutama, saat postingan Anda dibagikan kepada pengikut lain dari follower Anda. Terbayang jika orang mencoba screenshot gambar Anda dan memostingnya pada media lain? Akan lebih banyak orang mencari tahu tentang siapa Anda dan produk yang Anda jual.

 

Nah E-Hub Squad, semoga cara di atas mampu membuat Anda lebih kreatif, ya! Selamat mencoba!

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment