Membuat Iklan Instagram yang Oke, Bagaimana?

Ternyata, Indonesia merupakan ladang pengguna Instagram terbesar di Asia Pasifik. Pada tahun 2016, pengguna aktif Instagram di Indonesia mencapai 22 juta. Tahun ini, angka tesebut melesat hingga 45 juta.

E-Hub Squad, kenapa penggunaan Instagram melesat begitu pesat? Karena masyarakat mulai beralih pada konten yang praktis. Mereka cenderung menyaksikan konten berupa gambar dan video, terutama yang menarik dan dengan sedikit infomasi (caption).

Nah, hal tersebut mereka dapat dari platform Instagram. Tak heran bukan jika banyak orang mulai menggunakan media sosial ini untuk kepentingan bisnis? Jika Anda tertarik untuk beralih pada media sosial ini dan ingin mencoba membuat iklan Instagram yang menarik, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Setelah Facebook mengakuisisi Instagram pada 2012, secara teknis untuk membuat iklan di Instagram dibutuhkan pembuatan di halaman Facebook. Artinya, ketika membuat iklan di halaman Facebook, sekitar 75% Anda telah menyelesaikannya untuk membuat iklan di Instagram. Pengaturan iklan Instagram dan Facebook berbeda hanya dengan beberapa klik. Anda dapat menggunakan Power Editor yang tersedia.

 

Teknis Desain Iklan

Untuk membuat iklan video, pastikan ukuran maksimal file Anda 4 GB. Sementara, untuk iklan gambar, ukuran yang disarankan bergantung pada format yang Anda gunakan, yaitu:

Persegi

  • Resolusi Minimal (600 x 600 piksel)
  • Resolusi Maksimal (1936 x 1936 piksel)

Lanskap

  • Resolusi Minimal (600 x 315 piksel)
  • Resolusi Maksimal (1936 x 1936 piksel)

Vertikal

  • Resolusi Minimal (600 x 750 piksel)
  • Resolusi Maksimal (1936 x 1936 piksel)

 

Jika merasa kurang pas, Anda dapat menggunakan fitur potong gambar (crop) untuk membantu memastikan iklan terlihat seperti yang Anda inginkan menggunakan Power Editor.

 Rasio aspek untuk iklan Instagram bergantung pada formatnya, yaitu:

  • Persegi – 1:1
  • Lanskap – 1,91:1
  • Vertikal – 4:5

Tak kalah penting yang perlu Anda perhatikan adalah pembuatan keterangan (caption). Pada Instagram, caption yang dapat Anda gunakan dan muncul di bawah gambar terdiri hingga 300 karakter. Sebaiknya jangan mencantumkan URL di teks iklan Instagram karena tidak dapat diklik langsung.

 

Bagaimana Iklan Instagram Anda Dapat Dilihat?

E-Hub Squad, kunci keberhasilan iklan Instagram terletak pada tiga hal, yaitu sesuai citra merek, berlandaskan konsep, dan dibuat dengan baik. Karena orang hanya akan melihat gambar atau video, pastikan Anda sangat kreatif untuk menunjukkan sudut pandang merek Anda. Pelajari cara membuat logo, ikon, atau paduan warna merek yang mudah dikenal dan diingat orang.

Penting untuk menjaga konsistensi agar orang mengetahui dengan jelas merek dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Sebagai panduan, Anda dapat menimbang beberapa hal berikut.

  1. Pesan apa yang ingin Anda sampaikan?
  2. Citra apa yang ingin Anda buat?

Anda dapat membuat skema konsep melalui rangkaian gambar yang menceritakan kisah tentang merek Anda dan bagikan selama periode waktu tertentu. Anda juga dapat menggunakan berbagai filter untuk menciptakan suasana visual melalui gambar atau serangkaian filter yang berbeda untuk menampilkan perubahan suasana dari waktu ke waktu. Selain itu, Anda bisa membuat rangkaian gambar unik bertema sama.

E-Hub Squad, tidak perlu menjadi fotografer untuk dapat membuat gambar berkualitas sangat oke. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut saat membuat gambar untuk diunggah ke Instagram:

  1. Hindari membut gambar yang rumit dan sulit dimengerti, terkadang gambar sederhana adalah cara terbaik untuk membuatnya tampil beda.
  2. Buat gambar dengan posisi yang terlihat jelas dan pertimbangkan keseimbangannya.
  3. Pastikan hanya menggunakan gambar jernih dengan resolusi tinggi. Gambar yang pecah dan dengan pencahayaan buruk tidak berkinerja baik di Instagram.

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment