Hobi yang Bisa Jadi Long Lasting Business

Ingin memulai usaha tapi terbentur ide? Kehabisan ide untuk memulai usaha? Banyak lho anak muda yang menyeriuskan hobinya hingga jadi bisnis yang oke. Tidak mengherankan hobi memang bisa menjadi long lasting business.

E-Hub Squad, apa Anda ingin sekali berbisnis tapi bingung mendapatkan idenya? Coba deh perhatikan sekitar. Ada lho, hobi yang bisa jadi sebuah usaha sukses. Tak tanggung-tanggung, bisa bertahan lama karena dijamin selalu ada peminatnya. Apa saja?

 

Dandan

Dandan diidentikkan dengan sifat boros. Nyatanya, bereksperimen dengan segala produk dandan seperti makeup bisa bikin orang makin mahir dan paham seluk-beluk berdandan. Terlihat mudah, padahal tidak semudah yang orang kira. Bagi Anda dengan hobi ini, makeup artist bisa jadi pilihan usaha yang dijalankan. Jasa makeup artist dibutuhkan bukan saja oleh artis untuk tampil di acara-acara tertentu.

Jasa ini selalu dicari orang, terutama saat acara-acara besar seperti resepsi nikah. Agar dapat lebih dikenal orang, coba buat akun yang menawarkan jasa Anda di media sosial dan unggah hasil karya Anda beserta testimonialnya. Atau, kenapa tidak mencoba membuat blog yang menampilkan ide, rekomendasi, atau tutorial dandan yang Anda buat sendiri? Menjadi beauty blogger bisa membuat Anda lumayan terkenal, lho.

 

Fesyen

Senang bereksperimen dengan pakaian? Memiliki keahlian mendesain hingga menjahit baju tentu membuat nilai tambah bagi Anda. Nyatanya, hobi di bidang fesyen, terutama berkaitan dengan jahit-menjahit, bisa jadi salah satu usaha yang tak lekang oleh waktu. Tantangannya, teruslah mengikuti tren yang berkembang di masyarakat. Karena dunia fesyen terus berputar, mencoba menggabungkan ide fesyen “jadul” dengan masa kini dan memprediksi tren yang akan berkembang bisa membuat Anda jadi trendsetter ternama di dunia fesyen.

 

Aksesori

Senang dengan hal yang tidak biasa dan berkreasi dengan pernak-pernik juga bisa menghantarkan Anda masuk dalam dunia usaha. Karya yang unik dan bermanfaat tentu akan membuat produk handmade Anda dilirik banyak peminat. Jika sudah berani membuat dalam jumlah yang banyak, Anda bisa menawarkan produk karya Anda sebagai souvenir pernikahan, misalnya. Atau, karya Anda bisa juga diaplikasikan pada tas atau sepatu agar makin banyak peminatnya.

 

Makanan

Sebut satu hal yang pasti dibutuhkan orang! Iya, makanan. Tidak mungkin pasar makanan berada di posisi stagnan. Namun, Anda bisa mencoba usaha makanan ini dengan menawarkan produk yang berbeda dari yang lain. Misal, kue ulang tahun yang terbuat dari mi. Nah, hobi memasak Anda bisa berjalan dan pastinya berbuah penghasilan.

Baca juga: Tendry Zulfah

 

Otomotif

Siapa bilang ngoprek mobil atau motor tidak bisa jadi sebuah usaha yang long lasting? Memang, keahlian di bidang ini jauh lebih spesifik dari keahlian dan hobi lainnya. Tapi, keuntungan dari jasa modifikasi mobil atau motor ini juga tidak bisa dibilang sedikit lho. Sistem promosinya juga cenderung word by mouth. Di era digital ini, kenapa tidak mencoba mempromosikan hasil modifikasi Anda melalui media sosial?

Nah E-Hub Squad, apa hobi Anda?

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment