Harus Diwaspadai Saat Mengembangkan Usaha

Memulai usaha tidaklah mudah. Mempertahankannya jauh lebih sulit. Berbagai hal harus ditanamkan, diperhatikan, dan dijadikan sebagai prinsip. Percayalah, kesuksesan menanti Anda!

E-Hub Squad, memulai sebuah usaha bukan sekadar menampilkan ide Anda dan menjadikan sebuah produk. Tidak sesederhana itu. Jauh lebih rumit saat Anda harus mengembangkannya jadi sebuah usaha yang lebih dan makin besar. Banyak hal harus dipikirkan, dipertimbangkan, dan diputuskan secara matang.

Banyak pengusaha pemula (startup) yang terjebak dalam pemikiran seperti itu. Mungkin banyak pengusaha yang menjalankan usahanya secara spontan dan beruntungnya mereka berhasil mencapai titik awal. Namun tahukah Anda? Tidak sedikit yang “jatuh” menuju ke titik berikutnya fase sebuah perjalanan usaha. Karenanya, waspadalah beberapa hal berikut yang dapat membuat Anda gagal mengembangkan usaha.

 

Tidak Memiliki Rencana Jangka Panjang

Hey, usaha direalisasikan dengan mengorbankan banyak hal mulai dari pikiran, energi, waktu, hingga uang. Menjalankan usaha secara spontan mungkin membuat Anda sukses pada satu titik karena Anda tidak tertinggal dari tren yang sedang digandrungi masyarakat. Namun, jangan biarkan Anda gagal di titik berikutnya tanpa adanya business plan yang jelas. Akan dibawa ke mana usaha Anda nantinya, setahun, dua tahun, tiga tahun ke depan? Apa yang Anda butuhkan untuk merealisasikannya?

 

Tidak Fokus

Di awal memulai usaha, Anda membuat sebuah business plan berisi misi jangka panjang yang ingin Anda capai berikut target waktu yang dibagi ke dalam beberapa fase. Di tahap awal, Anda berhasil meraih kesuksesan. Sayangnya, hal tersebut membuat Anda tidak fokus dan mengubah rencana untuk menuju titik berikutnya. Belum selesai dengan ketidakfokusan tersebut, Anda memutuskan untuk kembali ke rencana awal. Terpikirkan berapa banyak aktivitas usaha yang tersendat karena ketidakfokusan tersebut? Percayalah, ketidakfokusan hanya akan membawa Anda pada kegagalan, selain membuang waktu secara percuma.

 

Tidak Bekerja Sama dengan Orang yang Tepat

Berapa banyak pengusaha gagal karena mereka bekerja sama dengan orang yang salah, katakan hingga menipu? Cari dan temukan orang yang mengerti visi dan misi Anda. Bisa jadi mereka keluarga atau sahabat Anda. Selain itu, pilih juga orang yang tepat untuk Anda jadikan sebagai tim. Orang-orang dengan karakter pantang menyerah serta memiliki kreativitas dan inisiatif tinggi bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

 

Tidak Mengelola Keuangan dengan Baik

Menjalankan usaha bukan sekadar cara meraih keuntungan sebesar-besarnya dan mengeluarkan uang seenaknya. Makin besar usaha, makin banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. Bagaimana memproduksi barang atau jasa yang terus dan makin berkualitas, bagaimana membuat tim yang Anda rekrut dapat produktif dan mencapai kesejahteraan. Kesampingkan keinginan pribadi untuk “berfoya-foya” dengan keuntungan yang Anda raih.

 

Nah E-Hub Squad, pastikan Anda mewaspadai beberapa hal tersebut agar dapat mengembangkan usaha hingga terus berjalan lancar dan makin sukses. Tak kalah penting, terus belajar dari kondisi yang ada dan percayalah dengan naluri Anda yang telah terlatih dalam menjalankan usaha.

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment