Pengusaha Selalu Siap Menghadapi Kendala

Memulai usaha bukanlah sebuah perkara sederhana. Namun, bukan berarti segala kendala membuat Anda jadi urung niat untuk memulai usaha. Ibarat menuju Roma, ada banyak cara menuju ke sana.

E-Hub Squad, setiap pengusaha, apalagi yang telah meraih sukses, pernah menghadapi kendala. Bukan sekali-dua kali, bukan perkara kecil-kecil saja. Selayaknya, kendala-kendala tersebut membuat mereka jadi lebih matang menjalankan usaha. Agar bisa menyiapkan diri dengan segala tantangan di depan, apa saja sebenarnya permasalahan umum yang biasa dihadapi pengusaha, terutama pemula?

 

Modal

Sebelum memulai usaha, buatlah perencanaan modal dengan baik. Sesuaikan dengan segala kebutuhan usaha Anda. Pada dasarnya, modal jadi kendala sebagian besar orang, terutama dalam memulai dan mengembangkan usaha. Bisa jadi, beberapa keperluan dalam perencanaan modal Anda kesampingkan untuk memangkas jumlah modal yang harus dikeluarkan. Lakukan hal yang kreatif agar kepentingan usaha Anda dapat sesuai dengan modal yang ada sekaligus usaha tetap dapat Anda mulai. Ingat, pengusaha sukses selalu memiliki pemikiran kreatif!

Baca juga: Bisnis Modal Minim

 

Produk

Banyak pengusaha pemula salah dengan prinsip mereka untuk menciptakan produk yang menurut mereka oke, bukan menurut pelanggan. Bagaimana mungkin produk tersebut dapat laku di pasaran? Seperti pakar pemasaran ternama, Seth Godin, katakan, “Don’t find customers for your products, find products for your customers.” Kesalahan lainnya, pengusaha pemula sering mencoba untuk copy-paste industri besar, alih-alih berfokus pada segmen mikro yang lebih spesifik dan kecil populasinya.

 

Riset

Banyak pengusaha pemula kurang matang dalam melakukan riset pemasaran. Karenanya, produk dan target konsumen mereka sering kali kurang berjalan beriringan. Belum lagi promosi yang salah fokus dan kurang tepat sasaran. Terbayang bagaimana hal ini berjalan di tengah jalan? Terburu nafsu nyatanya hanya akan membuat Anda menghadapi rangkaian kendala di depan sana. Perlahanlah, tapi pasti!

Baca juga: Riset Pemasaran

 

Belajar

Ada pengusaha yang tidak mau belajar? Banyak! Jangan malu untuk terus belajar guna memperdalam ilmu bisnis Anda. Cobalah mencari mentor atau setidaknya mengikuti kelas-kelas pelatihan bisnis yang kini bisa banyak Anda jumpai. Segala hal terkait memulai dan mengembangkan usaha, entah berkaitan dengan ilmu keuangan, pemasaran, manajamen sumber daya, atau teknologi, bisa Anda ikuti dan pelajari. Selain itu, berpikir dan bersikap terbukalah terhadap segala tren baru yang sedang diminati masyarakat. Bisa jadi, hal tersebutlah yang jadi sarana Anda menuju kesuksesan usaha.

 

Tim yang Solid

Sumber daya manusia termasuk kendala yang paling sering dihadapi pengusaha ketika bisnis mereka mulai berkembang. Di awal, Anda bisa bekerja sama dengan beberapa teman yang berbeda keahlian dengan Anda namun memiliki visi usaha yang sama. Seiring berjalannya waktu, carilah orang-orang dengan karakter berani menghadapi tantangan dan bisa bekerja sama untuk membangun tim yang solid. Kuncinya ada di Anda sebagai pemimpin. Karenanya, bersikaplah sebagai pemimpin yang baik untuk tim yang solid.

Baca juga: Pemimpin Tanpa Mendengarkan

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment