Mengembangkan Bisnis ke Arah Digital, Bagaimana Caranya?

mengembangkan bisnis

Saat ini tren pemasaran ada dalam genggaman dunia digital. Ingin mengalihkan jalur pemasaran pada dunia digital tapi banyak hal belum diketahui? Tidak usah malu untuk mempelajarinya dari nol!

Di mana pun berbincang tentang bisnis, Anda akan mendapati orang berbicara tentang web, blog, dan media sosial. Tambahan saat ini adalah strategi pemasaran yang sedang booming, yaitu menggunakan video. Ingin bertanya dari “nol”, ada rasa malu karena gengsi ilmu dan pengetahuan yang tertinggal jauh. Ingat, pengusaha yang dapat meraih sukses adalah mereka yang terbuka terhadap hal baru dan mau mempelajarinya.

Baca juga: Digital Marketing Startup

 

Bisnis dalam Dunia Digital

Untuk mengubah jalur bisnis pada media digital, setidaknya Anda harus mengenal internet. Banyak manfaatnya! Anda bisa mempelajari hal terkait bisnis dari pengusaha lain hingga promosi dan penjualan produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan. Internet bisa Anda akses melalui perangkat komputer, laptop, hingga mobile devices seperti smartphone. Kelebihan lain menggunakan media ini untuk bisnis, Anda bisa lebih hemat biaya promosi, lho!

Baca juga: Sukses Digital Marketing

 

Platform yang Tepat

Setelah mengenal media digital yang dapat digunakan, cobalah membuat email menggunakan akun bisnis Anda. Email ini dapat Anda gunakan untuk banyak kepentingan, seperti pembuatan website, media sosial, hingga blog. Pahami dengan jelas tujuan dan visi Anda, kemudian arahkan fokus pada platform yang sesuai dengan kepentingan Anda tersebut.

Misal, Anda hanya membutuhkan media sosial, maka jangkau seluas-luasnya media sosial yang sedang tren, banyak dipergunakan orang, serta sesuai untuk melakukan promosi dan penjualan. Sebut saja di antaranya Facebook dan Instagram. Buatlah akun bisnis di kedua media sosial ini dengan akun yang sama dan tautkan keduanya. Jangan lupa sertakan info mengenai produk/jasa yang Anda tawarkan dan contact person yang dapat dihubungi untuk melakukan pembelian.

Sekali membuat promosi pada Instagram, Anda dapat membagikan infonya pada akun Facebook. Begitu pula sebaliknya. Sebelumnya, pastikan Anda juga mempelajari tentang audiens (pengikut) dan target konsumen yang ingin Anda sasar untuk melakukan promosi menggunakan media sosial.

Baca juga: Segmentasi Pelanggan

 

Blog dan Website

Pentingkah membuat blog dan website? Hal ini bergantung pada jenis dan karakter serta kemampuan Anda dalam menjalankan bisnis. Kenapa? Karena makin besar bisnis Anda berkembang, makin baik Anda menggunakan salah satu platform tersebut.

Dengan website, Anda bisa menggiring konsumen untuk masuk dalam satu paket layanan (promosi, penjualan, pembelian “di tempat”) sehingga memudahkan mereka dalam melakukan transaksi (tidak perlu antre di ATM). Dalam platform ini Anda bisa memasukkan fungsi pembayaran, bahkan menggunakan kartu kredit. Namun, sekali lagi hal ini bergantung pada kemampuan bisnis Anda. Setidaknya dibutuhkan dana yang lebih besar dan sumber daya manusia terlatih lebih banyak untuk penggunaannya.

E-Hub Squad, jangan ragu dan malu untuk terus belajar serta terbuka pada hal dan pengalaman baru dalam mengembangkan bisnis. Masih banyak hal terkait media digital yang dapat Anda ketahui dan pelajari untuk kepentingan bisnis, setidaknya Anda mengetahui hal mendasarnya dari artikel di atas, ya! Selamat mencoba!

 

Editor: Andiana Moedasir

Related posts

Leave a Comment