Pengguna Aktif Instagram Tembus 45 Juta di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu pasar untuk Instagram yang paling laris di Asia. Hal ini ditandai dengan kenaikan yang cukup signifikan sejak 2016 dengan jumlah 22 juta, sampai tembus di angka lebih dari 45 juta pada di 2017.

Kenaikan fantastis itu memosisikan Indonesia sebagai komunitas terbesar Instagram di Asia Pasifik. Tak hanya itu, Indonesia didapuk menjadi salah satu pasar terbesar di dunia dari total 700 juta pengguna aktif setiap bulan di dunia saat ini.

“Selain pengguna aktif Instagram di Asia Pasifik, Indonesia juga merupakan negara pembuat konten Instagram Story terbanyak. Para pengguna Indonesia menggunakan konten dua kali lebih banyak dari jumlah konten rata-rata Instagram Story secara global”,

ujar Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, Rabu (26/07/17) pada acara Diskusi Media: Peran Instagram dalam Pengemangan UMKM di Indonesia yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur.

 

Data dari Instagram pada Maret 2017 juga menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang paling sering menggunakan profil bisnis, selain Amerika, Brazil, Rusia  dan Inggris. Selain itu, 80% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu akun bisnis, hal ini membuktikan bahwa Instagram sangat berperan dalam pertumbuhan berbagai bisnis lokal, khususnya UMKM di Indonesia.

Fitur-fitur yang ada pada Instagram sangatlah memudahkan para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satu pelaku usaha partblueshoes.com, Jangkar Bawono mengatakan, “Fitur terbaru dari Instagram yaitu Insight pada instagram bisnis sangat membantu  untuk mengetahui posting-an mana yang disukai dan membuat followers engage untuk like, comment, atau menyimpan foto yang kita unggah”.

Selain fitur Insight, yang tidak kalah booming adalah iklan dalam Instagram Stories. Cara beriklan menggunakan Instagram Stories pertama kali dilakukan perusahan Indonesia oleh Blibli.com, promosi yang dilakukan oleh Blibli.com memberikan hasil yang memuaskan, termasuk peningkatan sebesar 22-poin peningkatan ad recall dan 7-poin peningkatan dalam hal paparan pesan pada kalangan perempuan berusia 25-34 tahun.

Melihat hasil tersebut, sungguh banyak sekali manfaat dari Instagram untuk mengembangkan sebuah bisnis. Mari terus ‘’bedah’ Instagram dan raih manfaatnya.

Related posts

Leave a Comment