Passion: Temukan dan Kembangkan

Sewaktu kecil pasti Anda memiliki cita-cita. Adapun kebanyakan orang menyebutkan ingin menjadi dokter, pilot, guru, polisi, atau mungkin tentara atau bidang keilmuan lainnya.

Setelah beranjak dewasa cita-cita itu pasti silir berganti karena berbagai faktor, entah faktor lingkungan ataupun ekonomi sampai dititik Anda menemukan passion atau hasrat Anda dalam suatu bidang tertentu. Baca juga Tendry Zulfah Maharani dan Bisnis Kaikee dari Hobi

Dilansir dari kompas.com, berdasarkan survei yang dirilis bulan Juli 2017 oleh LinkedIn, salah satu jaringan profesional terbesar dunia, hanya 13 persen profesional muda yang memiliki pekerjaan sesuai yang diimpikan di masa kecil. Selain itu 29 persen mengaku pekerjaan saat ini masih ada kaitan dengan cita-cita masa kecil. Sebanyak 60 persen mengatakan pekerjaan sekarang sama sekali berbeda dengan impian masa kecil.

Hanya 13 persen profesional muda yang memiliki pekerjaan sesuai yang diimpikan di masa kecil. Selain itu 29 persen mengaku pekerjaan saat ini masih ada kaitan dengan cita-cita masa kecil. Sebanyak 60 persen mengatakan pekerjaan sekarang sama sekali berbeda dengan impian masa kecil. —LinkedIn, 2017

Passion memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan, tanpa passion Anda seperti orang yang tidak memiliki tujuan hidup. Passion sendiri menurut Rene Suhardono terletak pada suatu yang membuat kita berdaya, kata kuncinya “aktivitas”.  Pada saat melakukannya Anda dikuatkan, dimampukan, dibisakan, ditambahkan, diberanikan, disabarkan, dan seterusnya. Pada saat Anda di area itu Anda akan tumbuh sesuai dengan jati diri Anda.

>>Baca juga:  Andy Zain: Passion Itu Penting, Tapi Bukan Segalanya

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana mengetahui bahwa hal tersebut adalah passion Anda? Memang tak mudah untuk menyatakan bahwa suatu hal yang dilakukan sekarang adalah passion Anda, namun ada beberapa tip untuk dapat mengetahuinya, E-Hub Squad.

Perluas Aktivitas
Tidak ada salahnya melakukan banyak aktivitas, dengan banyak hal yang dilakukan tentu akan menambah berbagai pengalaman baru dan networking untuk Anda. Perbanyak segala kegiatan yang positif akan membawa Anda menemukan satu bidang yang disukai dan digemari. Jika Anda melakukan aktivitas tersebut kemudian jadi merasa berdaya dan ingin melakukannya berulang-ulang kali, bisa jadi itu adalah passion Anda.

Jika Anda melakukan sebuah aktivitas kemudian jadi merasa berdaya dan ingin melakukannya berulang-ulang kali, bisa jadi itu adalah passion Anda.

Pelajari Keahlian Baru
Keahlian dapat muncul jika Anda memiliki kemauan yang keras untuk belajar dan keinginan menguasai keahlian tersebut. Mulailah untuk berlatih agar Anda memiliki keahlian baru tersebut dalam 20 jam. Kenapa 20 jam? Karena inilah waktu yang memungkinkan Anda untuk mahir dengan keahlian baru Anda tersebut. Waktu 20 jam ini bisa Anda pecah menjadi hanya cuma 40 menit sehari dalam 30 hari, dengan kedisiplinan yang tinggi.

Lakukan Tes Bakat
Sekarang tentu sangat mudah untuk melakukan tes bakat agar dapat menentukan minat dan keinginan dari Anda. Anda bisa melakukan tes gratis di temubakat.com atau melakukan investasi dengan melakukan online assessment di leadpro.temubakat.com. Jika Anda sudah mengetahu bakat diri yang Anda miliki, just do it now! Jangan menunda untuk memulai dan mengembangkan bakat yang Anda miliki.

Semoga tulisan ini mempermudah dalam menemukan passion dalam hidup Anda. Selamat mempraktikan, E-Hub Squad!

Related posts

Leave a Comment